Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/611
Title: | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA MATERI ALJABAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KELAS VIII |
Authors: | SINAGA, ANGGARA BETA |
Keywords: | Model Pemecahan Masalah dan Kemampuan Penalaran |
Issue Date: | 16-Feb-2021 |
Publisher: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU200254; |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran pemecahan masalah dan kemampuan penalaran materi Aljabar siswa SMP N Kelas VIII, untuk mengetahui Implementasi model pembelajaran berbasis masalah terhadap penalaran materi Aljabar siswa SMP N Kelas VIII serta Untuk mengetahui strategi penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap penalaran materi Aljabar siswa SMP N Kelas VIII. Instrumen Penelitian ini adalah penelitian literatur dengan analisis penelitian menggunakan analisis deskriptif, yaitu menguraikan hasil penelitian secara terperinci. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa model Pembelajaran berbasis masalah yang di terapkan di SMP kelas VIII untuk kemampuan penalaran siswa di lakukan dengan pendekatan model pembelajaran yang memberikan rangsangan kepada peserta didik untuk berpikir kritis dalam menyikapi setiap permasalahan yang di hadapinya terutama dalam proses pembelajarannya sesuai dengan tahapan dan langkah-langkah pembelajarannya.Implementasi model pembelajaran berbasis masalah terhadap penalaran materi Aljabar siswa kelas VIII SMP adalah dilakukan dengan mengawali dengan mengorientasikan siswa pada masalah,menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah,strategi model pembelajaran berbasis masalah yang di terapkan kepada siswa adalah belajar di mulai dengan suatu masalah,memastikan bahwa masalah yang di berikan berhubungan dengan dunia nyata siswa,Mengorganisasikan pelajaran di seputar masalah,bukan di seputar di siplin ilmu,Memberikan tanggung jawab yang besar kepada pembelajar dalam membentuk dan menjalankan secara langsung proses belajar mereka sendiri,Kolaborasi siswa bekerjasama dalam kelompok kecil,dan melatih siswa untuk terampil menyajikan temuan yaitu menuntut pembelajar untuk mendemontrasikan apa yang telah mereka pelajari dalam bentuk suatu produk atau kinerja. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/611 |
Appears in Collections: | Pendidikan Matematika |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 867.72 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 862.14 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I.pdf | Chapter I | 864.08 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter II, III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter II, III, IV, V | 883.12 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.