Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/571
Title: PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN PADA MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN JIGSAW PADA MATERI SUMPAH PEMUDA DI KELAS XI SMA UISU MEDAN
Authors: NASUTION, ABDUL RAHIM IRFANSYAH
Keywords: Cooperative Script, Jigsaw, Posttest-only Control design
Issue Date: 4-Feb-2021
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU200228;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar sejarah pada materi Sumpah Pemuda peserta didik kelas XI IPA yang menggunakan Cooperative Script. (2) Mengetahui hasil belajar sejarah pada materi Sumpah Pemuda peserta didik kelas XI IPS yang menggunakan Jigsaw. (3) Mengetahui perbandingan model pembelajaran Cooperative Script dan Jigsaw terhadap hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI pada materi Sumpah Pemuda. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA UISU Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari XI IPA dan XI IPS. Dan sampel yang digunakan adalah seluruh populasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest-only Control design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar pretest dan posttest peserta didik yang sudah divalidasi sebelumnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 21. Berdasarkan analisis data yang telah dihitung menggunakan SPSS versi 21, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kelas eksperimen I yang menggunakan Cooperative Script memiliki nilai rerata hasil belajar pretest dan posttest kelas eksperimen I adalah sebesar 31,33 dan 71,50. (2) kelas eksperimen II yang menggunakan Jigsaw terdapat nilai rerata hasil belajar pretest dan posttest peserta didik didapatkan bahwa nilai reratanya adalah 32,17 dan 72,00. Dan, (3) Berdasarkan hasil nilai rata-rata model pembelajaran Cooperative Script dan Jigsaw maka, didapatkan Jigsaw lebih unggul dibanding Cooperative Script, namun berdasarkan Nilai Uji N-Gain Score yang melihat per individu secara menyeluruh didapatkan hasil yang jelas dengan nilai N-Gain Cooperative Script adalah 58,5% dengan H0 ditolak sedangkan nilai N-Gain Jigsaw adalah 58% dengan H0 ditolak pula. hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan selisih 0,5%.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/571
Appears in Collections:Pendidikan Sejarah

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography4.95 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract146.81 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I185.71 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V879.85 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.