Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/566
Title: | PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 05 MEDAN |
Authors: | UTARI, UBAIDILLAH |
Keywords: | Pengembangan LKPD, Open-ended kemampuan berpikir kreatif LKPD development, Open-ended, creative thinking skills |
Issue Date: | 4-Feb-2021 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU200223; |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan Open-ended pada materi pokok himpunan yang valid, efektif, dan praktis untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Prosedur pengembangan LKPD menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Dissiminate). Subjek penelitian ini adalah kelas VII B sebagai uji coba I dan kelas VII A sebagai uji coba II. Berdasarkan hasil penelitian dapat LKPD memenuhi kriteria kevalidan dengan dengan skor penilaian rata-rata 3.578 untuk hasil penilaian materi, dan skor penilaian rata-rata 3.174 untuk hasil penilaian media. Efektivitas LKPD terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa diperoleh secara signifikan yaitu nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif pada uji coba I sebesar 79.11 meningkat sebesar 3.7 menjadi 82.81 pada uji coba II dan banyak siswa yang tuntas pada uji coba I saat pretes yaitu 5.714% meningkat sebesar 88.572% menjadi 94.286% pada postes serta banyak siswa yang tuntas pada uji coba II saat pretes 7.895 meningkat sebesar 85.842% menjadi 94.737 pada saat postes. Kepraktisan LKPD berdasarkan angket respon siswa terhadap pembelajaran positif dengan sebanyak 14.28% yang merespon LKPD dengan kategori sangat baik, sebanyak 80% yang merespon LKPD dengan kategori baik, dan sebanyak 5.72% yang merespon LKPD dengan kategori cukup pada uji coba I dan sebanyak 23.684% yang merespon LKPD sangat baik, sebanyak 73.684% yang merespon LKPD dengan kategori baik, dan sebanyak 2.632% yang merespon LKPD dengan kategori cukup pada uji coba II. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/566 |
Appears in Collections: | Pendidikan Matematika |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 3.46 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 16.33 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I.pdf | Chapter I | 302.21 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter II, III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter II, III, IV, V | 1.44 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.