Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/566
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | UTARI, UBAIDILLAH | - |
dc.date.accessioned | 2021-02-04T03:07:28Z | - |
dc.date.available | 2021-02-04T03:07:28Z | - |
dc.date.issued | 2021-02-04 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/566 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan Open-ended pada materi pokok himpunan yang valid, efektif, dan praktis untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Prosedur pengembangan LKPD menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Dissiminate). Subjek penelitian ini adalah kelas VII B sebagai uji coba I dan kelas VII A sebagai uji coba II. Berdasarkan hasil penelitian dapat LKPD memenuhi kriteria kevalidan dengan dengan skor penilaian rata-rata 3.578 untuk hasil penilaian materi, dan skor penilaian rata-rata 3.174 untuk hasil penilaian media. Efektivitas LKPD terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa diperoleh secara signifikan yaitu nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif pada uji coba I sebesar 79.11 meningkat sebesar 3.7 menjadi 82.81 pada uji coba II dan banyak siswa yang tuntas pada uji coba I saat pretes yaitu 5.714% meningkat sebesar 88.572% menjadi 94.286% pada postes serta banyak siswa yang tuntas pada uji coba II saat pretes 7.895 meningkat sebesar 85.842% menjadi 94.737 pada saat postes. Kepraktisan LKPD berdasarkan angket respon siswa terhadap pembelajaran positif dengan sebanyak 14.28% yang merespon LKPD dengan kategori sangat baik, sebanyak 80% yang merespon LKPD dengan kategori baik, dan sebanyak 5.72% yang merespon LKPD dengan kategori cukup pada uji coba I dan sebanyak 23.684% yang merespon LKPD sangat baik, sebanyak 73.684% yang merespon LKPD dengan kategori baik, dan sebanyak 2.632% yang merespon LKPD dengan kategori cukup pada uji coba II. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU200223; | - |
dc.subject | Pengembangan LKPD, Open-ended kemampuan berpikir kreatif | en_US |
dc.subject | LKPD development, Open-ended, creative thinking skills | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 05 MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Matematika |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 3.46 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 16.33 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I.pdf | Chapter I | 302.21 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter II, III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter II, III, IV, V | 1.44 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.