Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/566
Title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 05 MEDAN
Authors: UTARI, UBAIDILLAH
Keywords: Pengembangan LKPD, Open-ended kemampuan berpikir kreatif
LKPD development, Open-ended, creative thinking skills
Issue Date: 4-Feb-2021
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU200223;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan Open-ended pada materi pokok himpunan yang valid, efektif, dan praktis untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Prosedur pengembangan LKPD menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Dissiminate). Subjek penelitian ini adalah kelas VII B sebagai uji coba I dan kelas VII A sebagai uji coba II. Berdasarkan hasil penelitian dapat LKPD memenuhi kriteria kevalidan dengan dengan skor penilaian rata-rata 3.578 untuk hasil penilaian materi, dan skor penilaian rata-rata 3.174 untuk hasil penilaian media. Efektivitas LKPD terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa diperoleh secara signifikan yaitu nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif pada uji coba I sebesar 79.11 meningkat sebesar 3.7 menjadi 82.81 pada uji coba II dan banyak siswa yang tuntas pada uji coba I saat pretes yaitu 5.714% meningkat sebesar 88.572% menjadi 94.286% pada postes serta banyak siswa yang tuntas pada uji coba II saat pretes 7.895 meningkat sebesar 85.842% menjadi 94.737 pada saat postes. Kepraktisan LKPD berdasarkan angket respon siswa terhadap pembelajaran positif dengan sebanyak 14.28% yang merespon LKPD dengan kategori sangat baik, sebanyak 80% yang merespon LKPD dengan kategori baik, dan sebanyak 5.72% yang merespon LKPD dengan kategori cukup pada uji coba I dan sebanyak 23.684% yang merespon LKPD sangat baik, sebanyak 73.684% yang merespon LKPD dengan kategori baik, dan sebanyak 2.632% yang merespon LKPD dengan kategori cukup pada uji coba II.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/566
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography3.46 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract16.33 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I302.21 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V1.44 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.