Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/507
Title: PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA AL-ITTIHADIYAH MAMIYAI MEDAN
Authors: HARYANTO, SALWA APRILIANDA
Issue Date: 20-Jan-2021
Publisher: Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU200164;
Abstract: Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) khususnya dalam bidang pendidikan, penggunaan alat bantu atau media pembelajaran menjadi semakin luas dan interaktif seperti adanya alat media proyektor infocus, komputer dan internet. Kebiasaan guru melakukan pengajaran dengan metode mengajar itu-itu saja seperti metode ceramah, metode tanya jawab, metode tugas, lain sebagainya dan menggunakan alat media yang hanya bersumber dari buku paket dan LKS (Lembar Kerja Siswa) yang menjadikan latar belakang pada penelitian ini. Tujuan pembelajaran mata pelajaran Fikih akan lebih mudah tercapai jika guru menambahkan variasi dalam proses belajar mengajar menggunakan metode mengajar dikombinasikan dengan menggunakan media pembelajaran seperti media audio visual berbasis video. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran berbasis video dalam pembelajaran mata pelajaran Fikih di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Ittihadiyah Mamiyai Medan. Dalam permasalahan ini bagaimana pemanfaatan alat media yang disediakan pihak kepala sekolah dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Fikih serta kurangnya semangat belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Karena itu adanya tujuan penggunaan media pembelajaran yang dapat dikembangkan untuk meningkat minat dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video. Oleh karena itu pendidikan merupakan bimbingan terhadap perkembangan manusia menuju cita-cita tertentu, maka dari itu pokok bagi pendidikan ialah memilih arah atau tujuan, secara umum tujuan pendidikan ialah sebagai arah pendidikan karena menunjukan arah dari satu usaha, sedangkan arah tadi menunjukan jalan harus ditempuh dari situasi sekarang dan berikutnya. Dan tujuan pendidikan sebagai titik perhatian yang akan dicapai atau di tuju terletak pada jangkauan masa yang akan datang atau ada jalan yang harus diambil dalam situasi tadi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan dokumentasi serta wawancara kepada partisipan informasi dari Madrasah Tsanawiyah Swasta Al- Ittihadiyah Mamiyai Medan yang dilakukan mengumpulkan informasi dan dokumentasi yang berhasil dikumpulkan dan dari itu dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video adalah media pembelajaran yang mengubah suatu ide atau gagasan materi pelajaran menjadi sebuah tayangan gambar dan suara yang proses perekemannya dan penayangannya melibatkan teknologi tertentu. Dengan adanya media pembelajaran berbasis video memudahkan guru menyalurkan isi materi ibadah haji kepada siswa dan mempermudah siswa memahami isi materi ibadah haji. Dengan adanya media pembelajaran berbasis video juga dapat menimbulkan semangat belajar siswa, pembelajaran tidak membosankan dan dapat meningkatkan motivasi, minat dan prestasi hasil belajar siswa. Selain itu menciptakan kemampuan afektif, koginitif dan psikomotorik siswa setelah mendapatkan pengalaman belajar mata pelajaran Fikih bertemakan iabadah haji menggunakan media pembelajaran berbasis video.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/507
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.03 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract992.57 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I1.02 MBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V1.15 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.