Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/504
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMUHIBUDDIN-
dc.date.accessioned2021-01-20T07:19:13Z-
dc.date.available2021-01-20T07:19:13Z-
dc.date.issued2021-01-20-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/504-
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Sistem pembelajaran boarding school, 2) Faktor pendukung dan penghambat sistem pembelajaran boarding school, dan 3) Efektifitas sistem pembelajaran boarding school di Ma’had Pesantren Modern Fajrul Iman Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Ma’had Pesantren Modern Fajrul Iman Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Subyek penelitian adalah Kepala Madrasah. Informan guru, dan wakil kepala madrasah bidang kurikulum. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan triaggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan metode interaktif, pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkap mengenai sistem pembelajaran boarding school memadukan pendidikan umum dan agama dengan target pembelajaran menciptakan peserta didik yang cakap secara (a) Religius Skill full People yaitu manusia yang memiliki ketrampilan dan beragama, (b) Ketrampilan berbahasa asing, (c) Religious Community Leader yaitu pemimpin masyarakat yang taat beragama, (d) Religious Intelectual yaitu manusia yang cerdas dan beragama. Pelaksanaan sistem boarding school dikelompokkan menjadi kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan dan kegiatan tahunan. Faktor pendukung sistem pembelajaran boarding school antara lain 1) Pandangan yang sama antara asrama dan sekolah, 2) Aturan di asrama dan sekolah yang seirama, 3) Kerja sama team yang baik, dan 4) Semangat pengabdian pengurus untuk almamater. Sedangkan faktor penghambat sistem pembelajaran boarding school di Ma’had Pesantren Modern Fajrul Iman Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang antara lain: 1) Kurangnya figur yang menjadi teladan, 2) Kurangnya personil pengurus asrama, 3) Kurangnya kontrol terhadap kegiatan siswa, 4) Latar belakang keluarga yang berbeda, dan 5) Keragaman watak siswa. Efektifitas sistem pembelajaran boarding school sangat efektif dilaksanakan didukung oleh keberhasilan pembelajaran, yaitu mulai dari tenaga guru yang profesional, ada keterlibatan siswa, memiliki tujuan dan harapan yang jelas yaitu membentuk anak-anak yang mengamalkan agama dan ber- akhlaq al-karimah, terdapat media pembelajaran yang memadai dan pembelajaran dilakukan dengan metode active learning.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU200161;-
dc.titleSISTEM PEMBELAJARAN BOARDING SCHOOL (STUDI KASUS DI MA’HAD PESANTREN MODERN FAJRUL IMAN KECAMATAN PATUMBAK KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.12 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract1.11 MBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I1.12 MBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V1.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.