Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/496
Title: | EFEKTIVITAS METODE SUGESTOPEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQH SISWA KELAS VII MTs AL-WASHLIYAH GEDUNG JOHOR MEDAN |
Authors: | WAHID, ABDUL |
Issue Date: | 20-Jan-2021 |
Publisher: | Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU200154; |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Fiqh dengan menggunakan metode sugestopedia dan metode ceramah serta efektivitas metode sugestopedia dalam meningkatkan hasil belajar Fiqh siswa kelas VII MTs Al- Washliyah Gedung Johor Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Untuk mendapatkan data tersebut, maka populasinya adalah semua siswa kelas VII yang berjumlah 118 siswa. Sampel ditetapkan menggunakan teknik purposive sample (sampel bertujuan) yakni kelas VII.1 sebanyak 40 siswa dan kelas VII.2 sebanyak 40 siswa. Siswa kelas VII.1 diberi perlakuan menggunakan metode sugestopedia sebagai kelompok eksperimen, sedangkan siswa kelas VII.2 diberi perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional sebagai kelompok kontrol. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dan kontrol. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil Fiqh materi Makanan dan Minuman yang Halal dan Haram berbentuk objektif pilihan berganda sebanyak 30 soal yang diujikan kepada siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan metode sugestopedia dan konvensional. Untuk mengetahui pengaruh kedua variabel maka dilakukan perhitungan menggunakan uji t. Berdasarkan teknik analisis data, diperoleh hasil penelitian bahwa: hasil belajar Fiqh siswa kelompok eksperimen menggunakan metode sugestopedia memperoleh nilai rata-rata 83 dalam kategori A (baik sekali), hasil belajar Fiqh siswa kelompok kontrol menggunakan metode konvensional memperoleh nilai rata-rata 72 dalam kategori B (baik). Berdasarkan perolehan nilai rata-rata di atas, maka hasil belajar Fiqh siswa meningkat dari sebelumnya dengan persentase peningkatan sebesar 15,28%. Peningkatan ini disebabkan siswa kelompok yang dieksperimenkan memperoleh pembelajaran menggunakan metode sugestopedia sedangkan kelompok kontrol menerima pembelajaran dengan metode konvensional. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/496 |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 1.03 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 1.02 MB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I.pdf | Chapter I | 1.03 MB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter II, III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter II, III, IV, V | 1.04 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.