Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4382
Title: PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HOTS BERBANTUAN APLIKASI SIGIL PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII.
Authors: UTARIE, ALDA MAY
Keywords: E-Modul, HOTS, PjBL, Aplikasi Sigil, Himpunan
Issue Date: 6-Feb-2025
Series/Report no.: Uisu250451;71190514016
Abstract: PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HOTS BERBANTUAN APLIKASI SIGIL PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII Alda May Utarie aldamayutarie99@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini menghasilkan e-modul berbasis PjBL untuk meningkatkan HOTS berbantuan aplikasi sigil pada materi himpunan kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan dan kemampuan HOTS siswa setelah menggunkan E-Modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-3 SMP Negeri 1 Torgamba. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument validasi, angket respon peserta didik dan tes. Uji coba dilakukan kepada 32 peserta didik. Berdasarkan lembar validasi e-modul yang diisi oleh validator disimpulkan e-modul valid karena diperoleh skor rata-rata 89.75%. Berdasarkan angket yang diisi oleh peserta didik dapat disimpulkan bahwa e modul praktis karena diperoleh skor rata-rata 90.62%. Berdasarkan uji coba yang dilakukan sebanyak 2 kali e-modul dikatakan efektif dengan persentase 84.375% dan juga peningkatan kemampuan HOTS pada indikator berpikir kritis mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase 23.28% serta diperoleh hasil uji n-gain sebesar 0.61. Berdasarkan hasil yang telah diuraikan maka dengan demikian kriteria kevalidan, kepraktisan, keefektifan dan peningkatan kemampuan HOTS pada materi himpunan telah terpenuhi. Kata Kunci : E-Modul, HOTS, PjBL, Aplikasi Sigil, Himpunan
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4382
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf3.2 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf142.21 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I, II.pdfChapter I, II.pdf931.83 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III, IV, V.pdf952.29 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.