Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4339
Title: STUDI DAYA DUKUNG STRUKTUR PONDASI PILE GROUP PADA PIER JALUR REL KERETA API LINTAS MEDAN BINJAI DENGAN METODE MAYERHOFF, REESE DAN LUCIANO ( KM 2+850 ) (P-38) ( JKLMB 3 ) (MYC 2022 – 2023 )
Authors: KETAREN, HIZKIA ANDREAN RAYA
Keywords: Pondasi Bored Pile, Daya Dukung Tiang tunggal Dan Pile Group
Bored Pile Foundation, Single Pile Bearing Capacity and Pile Group
Issue Date: 5-Feb-2025
Publisher: Fakultas Teknik, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU250289;71210913054
Abstract: Dalam pembangunan jalur kereta api lintas medan binjai menggunakan pondasi borpile yang digunakan sebanyak 8 buah kemudian disatukan dengan (pile group) ukuran lebar 11 m dan Panjang 5 meter diameter borpile Ø1200 mm,.hasil penyelidikan tanah yang dilakukan dengan pengeboran tanah (borelog test) sedalam 40 m, rekomendasi kedalaman tiang 35 meter berdasrkan hasil soil investigation Tujuan dari studi ini untuk menghitung daya dukung pondasi bore pile, dimana kapasitas daya dukung berdasarkan data Standart Penetration Test (SPT) dengan menggunakan 3 Metode yaitu ; Metode Mayerhoff, Metode Reese & Wright Dan Metode Luciano Decourt. Dari hasil analisa dan perhitungan daya dukung tiang hasil SPT dengan kedalaman 35 m diameter tiang 120 cm, Berdasarkan Metode Mayerhoff daya dukung tiang tunggal (Qult) sebesar 9255.64 kN, Metode Reese daya dukung tiang tunggal (Qult) sebesar 11832.90 kN, Metode Luciano daya dukung tiang tunggal (Qult) sebesar 9324.54 kN, Kemudian hasil analisa akan dibandingkan dengan data analisa PDA ( Pile Driving Analyzer), diperoleh hasil pengujian PDA sebesar 8650.00 kN, Dari hasil analasi menggunakan metode diatas dapat disimpulkan bahwa menggunkan metode mayerhoff lebih mendekati hasil dari penujian PDA dengan selisih 605.64 kN, Kemudian dari hasil Analisa daya dukung tiang tunggal dihitung efisiensi kelompok tiang Q (gabungan) menggunakan Metode Converse – Laberre didapart Q gabungan ( 8 tiang dilapangan ), Maka total beban yang dapat dipikul pondasi pada pier 38 yaitu, hasil metode analisa Mayerhoff sebesar 17030,359 kN. Kata Kunci : Pondasi Bored Pile, Daya Dukung Tiang tunggal Dan Pile Group
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4339
Appears in Collections:Teknik Sipil

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliograpy.pdfCover, Bibliograpy.pdf469.48 kBAdobe PDFView/Open
Abstrac.pdfAbstrac.pdf93.37 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf1.02 MBAdobe PDFView/Open
Chapter III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III, IV, V.pdf2.05 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.