Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4318
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Nduru, Muhammad Zulfadlan | - |
dc.date.accessioned | 2025-02-04T08:41:41Z | - |
dc.date.available | 2025-02-04T08:41:41Z | - |
dc.date.issued | 2025-02-04 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4318 | - |
dc.description.abstract | ABSTRAK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS HIKAYAT DENGAN MENGGUNAKAN WEBSITE SEBAGAI PENGUMPULAN TUGAS DAN MATERI KELAS X SMA ISLAM AZIZI Muhammad Zulfadlan Nduru fadlannduru@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan produk, kelayakan, dan keefektifan bahan ajar teks hikayat dengan menggunakan website sebagai pengumpulan tugas dan materi kelas X SMA ISLAM AZIZI. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA ISLAM AZIZI yang berjumlah 18 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA ISLAM AZIZI yang berjumlah 18 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah angket dengan teknik penumpulan data berupa observasi, wawancara, dan berupa kuesioner. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dipopulerkan oleh Thiagarajan dengan empat tahap Define (Pendefinisian), Design (Desain), Development (Pengembangan), Dissemination (Penyebarluasan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar teks hikayat dengan menggunakan website sebagai pengumpulan tugas dan materi kelas X SMA ISLAM AZIZI mendapatkan kategori “sangat layak”. Penilaian terhadap tingkat kevalidan bahan ajar teks hikayat dengan menggunakan website oleh ahli materi diperoleh rata-rata 95% dengan kategori “sangat layak”. Penilaian kevalidan oleh ahli media diperoleh rata-rata 87% dengan kategori “sangat layak”. Penelitian terhadap tingkat kelayakan bahan ajar teks hikayat dengan menggunakan website oleh guru diperoleh rata rata 93% dengan kategori “sangat layak” dan siswa memberikan respon yang baik dengan skor rata-rata 91.22% dan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan skor rata-rata 91% dan dikategorikan “sangat efektif”. Berdasarkan penjabaran tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar teks hikayat dengan menggunakan website sebagai pengumpulan tugas dan materi kelas X SMA ISLAM AZIZI valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, Bahan ajar, teks hikayat, website | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Uisu250420;71190513014 | - |
dc.subject | Pengembangan, Bahan ajar, teks hikayat, website | en_US |
dc.subject | development, teaching materials , hikayat text, website | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS HIKAYAT DENGAN MENGGUNAKAN WEBSITE SEBAGAI PENGUMPULAN TUGAS DAN MATERI KELAS X SMA ISLAM AZIZI | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography.pdf | 3.43 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract.pdf | 586.42 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II.pdf | 1.01 MB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V.pdf | 1.22 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.