Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4311
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | OKTAVIA, LIZA | - |
dc.date.accessioned | 2025-02-04T08:21:08Z | - |
dc.date.available | 2025-02-04T08:21:08Z | - |
dc.date.issued | 2025-02-04 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4311 | - |
dc.description.abstract | ABSTRAK PENGEMBANGAN KAMUS MINI ISTILAH TEKS NEGOSIASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMAS BINA BERSAUDARA MEDAN. LIZA OKTAVIA lizaoktavia844@gmail.com Penelitian ini adalah proses pengembangan dan kelayakan media pembelajaran dalam bentuk kamus mini istilah teks negosiasi Bahasa Indonesia siswa kelas X SMAS Bina Bersaudara Medan. Sumber data pada penelitian ini berupa kuesioner. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara untuk mencari data mengenai kamus mini istilah teks negosiasi. Jenis penelitian ini adalah pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang terdiri 5 tahap yaitu, tahap analisis kebutuhan,tahap implementation, tahap pengembangan produk, validasi ahli, revisi produk. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-1 SMAS Bina Bersaudara Medan Tahun Pelajaran 2023/2024 yaitu sebanyak 90 siswa dan sampel berjumlah 35 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa proses pengembangan media pembelajaran teks negosiasi menggunakan media kamus mini istilah berjalan dengan lancar, media kamus mini sebelumnya belum pernah digunakan disekolah tersebut, tetapi guru bahasa Indonesia sudah pernah menjelaskan sedikit pengertian kamus (Glosarium) yang ada di buku paket. Berdasarkan hasil validasi ahli materi I dapat dikatagorikan “Sangat layak” adanya Revisi dengan skor penilaian 129 dan skor maksimal 150, dengan hasilnya persentase 86%. Validasi ahli materi II dapat dikatagorikan “Sangat layak” dengan adanya revisi dengan skor penilaian 131 dan skor maksimal 150 dengan hasil persentase 87%. Hasil penilaian ahli media I dikatogorikan “layak” dengan adanya revisi dengan skor 120 dan skor maksimal 150, dengan hasil persentase 80%. Hasil penilaian ahli media II dapat dikatagorikan “layak” dengan adanya revisi dengan skor penilaian 124 dan skor maksimal 150, dengan hasi persentase 82%. Dari semua presentase yang didapatkan media pembelajaran dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas X. Kata Kunci : Kamus Mini, Teks Negoisasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Uisu250418;71200513027 | - |
dc.subject | Kamus Mini, Teks Negoisasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN KAMUS MINI ISTILAH TEKS NEGOSIASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMAS BINA BERSAUDARA MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography.pdf | 11.78 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract.pdf | 83.89 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II.pdf | 237.1 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V.pdf | 546.59 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.