Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4209
Title: IMPLEMENTASI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII MTS NURUL HASANAH WALBAROKAH MEDAN MARELAN
Authors: KHOTIMAH, KHUSNUL
Keywords: contextual teaching and learning, hasil belajar
Issue Date: 3-Feb-2025
Publisher: Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU250179;71200211047
Abstract: ABSTRAK IMPLEMENTASI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII MTS NURUL HASANAH WALBAROKAH MEDAN MARELAN Oleh KHUSNUL KHOTIMAH 71200211047 Pendidikan merupakan kebutuhan utama untuk kemajuan manusia. Islam mensyariatkan pendidikan tidak hanya menghasilkan manusia-manusia yang cerdas akal, tetapi juga manusia yang berbudi luhur. Metode contextual teaching and learning merupakan metode pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan Pendidikan untuk menjadikan peserta didik memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan. Pelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi shalat fardhu dan sujud sahwi dengan penerapan metode contextual teaching and learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan untuk meningkatkan kemampuan siswa peneliti menggunakan tes hasil belajar siswa secara individu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurul Hasanah Walbarokah Medan Marelan sebanyak 30 orang siswa. Tindakan yang diberikan kepada subjek dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode contextual teaching and learning pada materi shalat fardhu dan sujud sahwi. Dari analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode ini efektif, dapat kita lihat pada hasil belajar siswa yang meningkat dan hasil observasi yang berada pada kategori baik. Pada tes awal persentase ketuntasan klasikal siswa mencapai 30% dan pada siklus I persentase klasikal siswa mencapai 50% dan pada siklus II persentase ketuntasan klasikal siswa mencapai 83,3%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini, maka peneliti menyimpulkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan merekomendasikan pada pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan mengajarkan materi shalat fardhu dan sujud sahwi dengan menggunakan metode contextual teaching and learning. Kata Kunci: contextual teaching and learning, hasil belajar
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4209
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf496.95 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf36.42 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I, II.pdfChapter I, II.pdf458.38 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III, IV, V.pdf366.7 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.