Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4136
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIqbal, MUHAMMAD-
dc.date.accessioned2025-02-03T07:04:22Z-
dc.date.available2025-02-03T07:04:22Z-
dc.date.issued2025-02-03-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4136-
dc.description.abstractABSTRAK Muhammad Iqbal, 2024, Strategi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan Di MIS Nidaul Insan Desa Tengah Kec. Pantai Labu, Skripsi : Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara. Lembaga pendidikan merupakan tempat mendapatkan ilmu yang didalamnya memiliki pemimpin untuk mengatur berjalannya proses pendidikan yang disebut kepala sekolah/madrasah, kepala madrasah bertanggung jawab atas pengembangan mutu pendidikan di lembaga yang dikelola. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi rencana kepala madrasah dalam mengembangkan mutu pendidikan di MIS Nidaul Insan. Untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi guru. Untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam mengembangkan sarana dan prasarana madrasah. Untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam melibatkan wali murid dalam mengembangkan mutu pendidikan. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, diskusi terfokus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, tata usaha madrasah, guru madrasah dan orang tua wali murid. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa strategi kepala madrasah dalam kegiatan perencanaan pengembangan mutu pendidikan yaitu melakukan musyawarah bersama keluarga yayasan, guru, staf yang diadakan satu tahun sekali yang kemudian dicatat dan diinput ke aplikasi ERKAM. Untuk meningkatkan pengembangan guru yang berkompetensi kepala madrasah mempunyai strategi dengan melakukan kegiatan supervisi atau kunjungan ke kelas dengan menilai guru – guru dalam belajar mengajar, memotivasi, dan pengarahan mengikuti pelatihan, namun sebagian guru ada yang tidak mematuhi aturan sering terlambat dan tidak melakukan perbaikan dengan apa yang telah di evaluasi kepala madrasah. Strategi kepala madrasah dalam mengembangkan sarana prasarana ialah dengan cara melakukan perencanaan, pemanfaatan, dan perawatan yang baik, namun masih ada sarana prasarana madrasah belum lengkap. Hubungan madrasah dengan masyarakat terjalin dengan baik madrasah mampu mengumpulkan masyarakat pada acara dan pengambilan raport sehingga orang tua dan masyarakat dapat mengenal dan bekerja sama untuk mencapai tujuan. Kata Kunci : Strategi Mengembangkan, Mutu Pendidikan, MIS Nidaul Insan, Desa Tengah Pantai Labu.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU250164;71200214005-
dc.subjectStrategi Mengembangkan, Mutu Pendidikan, MIS Nidaul Insan, Desa Tengah Pantai Labu.en_US
dc.titleSTRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN DI MIS NIDAUL INSAN DESA TENGAH KEC. PANTAI LABUen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Manajemen Pendidikan Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf848.47 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf104.73 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I, II.pdfChapter I, II.pdf452.53 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III, IV, V.pdf296.27 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.