Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4120
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorALI, FAID-
dc.date.accessioned2025-02-03T04:44:15Z-
dc.date.available2025-02-03T04:44:15Z-
dc.date.issued2025-02-03-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4120-
dc.description.abstractABSTRAK KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI PONDOK PESANTREN AL-HUSNA MARINDAL KECAMATAN PATUMBAK DELI SERDANG Faid Ali NPM: 71200214014 Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi mempunyai peran kunci dalam mewujudkan keberhasilan sebuah lembaga pendidikan. Kepala sekolah bertanggung jawab dalam mewujudkan cita-cita sekolah yakni mencerdaskan peserta didik. Kecerdasan peserta didik salah satunya ditentukan oleh profesionalisme guru. Dengan demikian, peran kepala sekolah juga bertanggung jawab dalam meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini bermaksud melihat peran kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru di Pondok Pesantren Al-Husna Marindal. Penelitian ini mencoba menganalisis tiga hal: 1) Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Pondok Pesantren Al-Husna Marindal Kecamatan Patumbak Deli Serdang? 2) Bagaimana usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Pondok Pesantren Al-Husna Marindal Kecamatan Patumbak Deli Serdang? 3) Faktor apa yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan profesionalisme guru di Pondok Pesantren Al-Husna Marindal Kecamatan Patumbak Deli Serdang? Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif-deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala Pondok Pesantren Al-Husna Marindal dalam peningkatan profesionalisme guru ada empat yaitu sebagai leader, motivator, supervisor dan inovator. Kedua, Implikasi peran kepemimpinan kepala Pondok Pesantren Al-Husna Marindal terhadap profesionalisme guru berdampak baik terhadap empat kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Kepala sekolah hendaknya lebih banyak berinovasi karena sejauh ini inovasi kepala sekolah masih minim. Kepala sekolah perlu membuat program yang bisa mendekatkan hubungan sosial guru dengan masyarakat sekitar sekolah. Demi terciptanya kondisi lingkungan sekolah yang kondusif dan nyaman. Kata Kunci: Kepala Sekolah, Profesionalisme Guruen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU250161;71200214014-
dc.subjectKepala Sekolah, Profesionalisme Guruen_US
dc.titleKEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI PONDOK PESANTREN AL-HUSNA MARINDAL KECAMATAN PATUMBAK DELI SERDANGen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Manajemen Pendidikan Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography(1).pdfCover, Bibliography(1).pdf1.49 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf196.69 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I, II.pdfChapter I, II.pdf796.21 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III, IV, V.pdf873.17 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.