Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4068
Title: STRATEGI KOMUNIKASI KPU MEDAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PILPRES 2024
Authors: PASARIBU, MHD SYAHDAN IRHAM
Keywords: Media Sosial, Saluran Komunikasi Politik, Pesan-Pesan Politik, Pemilihan Umum, Opini Publik, Khalayak.
Social Media, Political Communication Channels, Political Messages, General Election, Public Opinion, Audience.
Issue Date: 3-Feb-2025
Series/Report no.: UISU250133;71200612032
Abstract: Saluran komunikasi merupakan salah satu bagian yang amat penting dalam konteks komunikasi politik. Dalam komunikasi massa terdapat media sosial yang dapat dijadikan sebagai penghubung antara komunikator politik dengan khalayak. Sebagai saluran komunikasi politik, media sosial memiliki kekuatan memberikan pengaruh dan menentukan perilaku politik, karena media sosial dapat berperan dalam membentuk opini publik. Pengelolaan opini publik yang baik, memiliki peran dalam memenangi satu pertarungan untuk memperoleh pengaruh dari kalangan masyarakat. Bagi kekuatan politik yang akan ikut bertarung dalam pemilihan umum, seperti dalam pemilihan presiden, kepala daerah dan anggota legislatif, penting untuk memanfaatkan media sosial secara efesien dan efektif untuk menyampaikan pesan-pesan politiknya. Melalui media sosial, substansi pesan-pesan politik lebih cepat dan mudah dicerna oleh khalayak, sebab setiap saat khalayak dapat mengakses informasi tanpa halangan dan batas geografis. Media sosial juga sangat efektif digunakan sebagai media komunikasi khususnya dalam memberikan informasi dan menerima umpan balik dari khalayak. Umpan balik dari khalayak dapat mendekatkan dan merapatkan hubungan antara komunikator politik dengan masyarakat. Terlebih lagi dewasa ini, penggunaan media sosial di kalangan masyarakat semakin populer dan berkembang, hingga ke pelosok pedesaaan. Sehingga dengan kemasan informasi yang baik, khalayak akan mudah memahami pesan-pesan politik yang disampaikan oleh komunikator politik. Pada akhirnya, melalui penyampaian pesan-pesan politik yang tepat dan dilakukan secara efektif akan mampu menarik simpati masyarakat sehingga mereka akan menerima maksud yang diinginkan oleh komunikator politik. Kata Kunci: Media Sosial, Saluran Komunikasi Politik, Pesan-Pesan Politik, Pemilihan Umum, Opini Publik, Khalayak.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4068
Appears in Collections:Ilmu Komunikasi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf698.62 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf198.98 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I, II.pdfChapter I, II.pdf731.37 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III. IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III. IV, V.pdf506.85 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.