Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3842
Title: PERSEPSI GENERASI Z TENTANG PENCALONAN GIBRAN SEBAGAI CAWAPRES PADA PEMILU TAHUN 2024 DI KOTA MEDAN
Authors: Rosya, Nasywa Fathya
Keywords: Persepsi, Generasi Z, Pencalonan Gibran.
Issue Date: 9-Sep-2024
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: Uisu2403929;71200612051
Abstract: PERSEPSI GENERASI Z TENTANG PENCALONAN GIBRAN SEBAGAI CAWAPRES PADA PEMILU TAHUN 2024 DI KOTA MEDAN OLEH : NASYWA FATHYA ROSYA NPM.71200612051 PRODI: ILMU KOMUNIKASI Pencalonan Gibran sebagai Cawapres pada pemilu tahun 2024 ini merupakan fenomena yang baru di dalam dunia perpolitikan Indonesia. Pasalnya, Gibran dipilih oleh Prabowo sebagai pasangannya dalam kontestasi pemilu di usia yang masih muda. Hal tersebut tentunya menuai persepsi yang beragam, tak terkecuali Generasi Z di Komplek Astra dimana tempat peneliti melakukan penelitian. Tujuan diadakannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Generasi Z terkait Pencalonan Gibran sebagai Cawapres pada Pemilu tahun 2024. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkannya sebuah informasi bahwa Persepsi Generasi Z tentang pencalonan Gibran di Komplek Astra mayoritas positif dan sebagian negatif. Dari persepsi positifnya, Generasi Z memberikan dukungan serta harapan terkait kemajuan masa depan bangsa dan para generasi penerus bangsa. Selain itu, majunya Gibran sebagai Cawapres juga dianggap sebagai sebuah pembuktian bahwa anak muda mampu menjadi pemimpin. Pencalonan Gibran sebagai Cawapres juga dinilai membawa kebaruan di dalam dunia perpolitikan Indonesia dengan memberikan pemahaman bahwa politik itu riang dan gembira. Sedangkan dari persepsi negatifnya, sebagian kecil Generasi Z di komplek Astra merasa ragu akan kualitas dari Gibran dan merasa bahwa terdapat intrik dibalik pencalonan Gibran sebagai Cawapres. Faktor iv perhatian dan fungsional yang ada di dalam diri individu yang menjadi faktor dibalik sebuah persepsi. Sebab itu, persepsi individu yang didapatkan dari hasil penelitian cenderung berpihak disatu sisi tanpa melihat pada sisi yang lainnya. Maka dari itu, penulis mengharapkan bahwa Generasi Z yang merupakan generasi yang hidup di zaman maraknya teknologi berkembang lebih selektif dan intens dalam menerima stimulus pesan. Kata Kunci: Persepsi, Generasi Z, Pencalonan Gibran.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3842
Appears in Collections:Ilmu Komunikasi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf442.22 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf98.73 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf326.36 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf317.33 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.