Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3833
Title: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ALFAMART TANJUNG BERINGIN DALAM MENARIK PELANGGAN
Authors: WARDINA, EKA
Keywords: Pelayanan; Kominikasi Interpesonal
Issue Date: 7-Sep-2024
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: Uisu2403916;71200612007
Abstract: Alfamart adalah salah satu bisnis ritel yang berbasis minimarket yang menyediakan kebutuhan rumah tangga dalam berbagai macam merk ritel. Ritel tersebut juga bisa dikatakan berkembang sukses, bisa dilihat dari perkembangannya. Alfamart terdapat disetiap kota-kota bahkan sudah ada menembus ke pelosok desa. Salah satu bisnis yang semakin berkembang di Indonesia adalah dari sektor perdagangan. Pertumbuhan ini tidak lepas dari berkembangnya bisnis ritel yang ada di Indonesia. Berdasarkan surveyyang dilakukan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) pada tahun 2015, perkembangan bisnis ritel di tahun 2015 mengalami peningkatan sebesar 12%, dibandingkan pada tahun 2014. Menurut data Indeks Pembangunan Ritel Global (GRDI) yang diunggah At Kearney pada tahun 2015. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Tanjung Berigin Kabupaten Serdang Bedagai. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01 Mei 2024 - 01 Juni 2024. Adapun kriteria responden yang diambil sebagai sampel adalah pelanggan yang berbelanja minimal sekali di minimarket Alfamart Tanjung Beringin. Responden dalam penelitian ini minimal berumur 17 tahun. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan cara mengorganisasikan data dalam pola, kategori, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari dan memutuskan apa yang diceritakan kepada orang lain, menggunakan analisis secara deduktif dan induktif. Hasil penelitian Pelayanan yang baik dari karywan dikarenakan karyawan memiliki product knowledge yang baik sehingga karyawan Interaksi antara karyawan dan pelanggan di Alfamart tanjung Beringin merupakan contoh nyata dari empati dan dukungan yang terjalin. Komunikasi yang efektif antara individu yang sudah terjalin dengan baik akan menciptakan citra positif bagi perusahaan, sehingga pelanggan merasa tertarik untuk kembali ke Alfamart ketika membutuhkan produk atau barang yang ingin di cari.. Kata Kunci : Pelayanan; Kominikasi Interpesonal
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3833
Appears in Collections:Ilmu Komunikasi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf605.29 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf72.27 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf285.78 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf340.63 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.