Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3388
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Rosmaini | - |
dc.date.accessioned | 2024-08-30T02:30:35Z | - |
dc.date.available | 2024-08-30T02:30:35Z | - |
dc.date.issued | 2024-08-20 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3388 | - |
dc.description.abstract | BSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DALAM TEKS CERPEN SISWA KELAS XI MAS PROYEK UNIVA MEDAN Rosmaini rosjnius20maini@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kelayakan media pembelajaran Wordwall dalam teks cerpen siswa kelas XI MAS Proyek Univa Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI IIS, DAN XI IIA dengan jumlah siswa 100 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS yang berjumlah 31 siswa. Sumber data pada penelitian ini berupa kuesioner. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket untuk mencari data mengenai pembelajaran materi cerpen berbasis website pada media Wordwall. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) oleh Borg and Gall yang terdiri dari 5 tahap yaitu, pengumpulan informasi, pengembangan produk, uji validasi, revisi produk, uji coba produk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran Wordwall dalam teks cerpen kelas XI MAS Proyek Univa Medan mendapatkan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi I mendapatkan kriteria nilai “Layak” dengan presentase (80%) dan ahli materi II mendapatkan nilai “Sangat Layak” dengan presentase ( 86%), hasil penelitian ahli media I mendapatkan nilai kriteria “Sangat Layak” dengan presentase (94%), dan ahli media II mendapatkan nilai kriteria “Sangat Layak” dengan presentase (93%), hasil penilaian guru mendapatkan nilai kriteria “Sangat Layak” dengan presentase (91%). Uji pelaksanaan lapangan dengan 31 siswa kelas XI MAS Proyek Univa Medan mendapatkan nilai kriteria nilai “Sangat Layak” dengan presentase (90%). Tahap hasil keefektifan media pembelajaran Wordwall dalam teks cerpen dilakukan dengan cara tes evaluasi pada lembar soal untuk dapat mengukur keefektifan media pembelajaran Wordwall dalam teks cerpen. Hasil dari evaluasi memperoleh kriteria nilai “Sangat Efektif” dengan presentase (90%). Kata kunci: pengembangan media pembelajaran Wordwall, teks cerpen | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | ;71190513012 | - |
dc.subject | pengembangan media pembelajaran Wordwall, teks cerpen | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DALAM TEKS CERPEN SISWA KELAS XI MAS PROYEK UNIVA MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 362.25 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 306.52 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 1.27 MB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 1.6 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.