Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3388
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRosmaini-
dc.date.accessioned2024-08-30T02:30:35Z-
dc.date.available2024-08-30T02:30:35Z-
dc.date.issued2024-08-20-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3388-
dc.description.abstractBSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DALAM TEKS CERPEN SISWA KELAS XI MAS PROYEK UNIVA MEDAN Rosmaini rosjnius20maini@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kelayakan media pembelajaran Wordwall dalam teks cerpen siswa kelas XI MAS Proyek Univa Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI IIS, DAN XI IIA dengan jumlah siswa 100 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS yang berjumlah 31 siswa. Sumber data pada penelitian ini berupa kuesioner. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket untuk mencari data mengenai pembelajaran materi cerpen berbasis website pada media Wordwall. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) oleh Borg and Gall yang terdiri dari 5 tahap yaitu, pengumpulan informasi, pengembangan produk, uji validasi, revisi produk, uji coba produk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran Wordwall dalam teks cerpen kelas XI MAS Proyek Univa Medan mendapatkan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi I mendapatkan kriteria nilai “Layak” dengan presentase (80%) dan ahli materi II mendapatkan nilai “Sangat Layak” dengan presentase ( 86%), hasil penelitian ahli media I mendapatkan nilai kriteria “Sangat Layak” dengan presentase (94%), dan ahli media II mendapatkan nilai kriteria “Sangat Layak” dengan presentase (93%), hasil penilaian guru mendapatkan nilai kriteria “Sangat Layak” dengan presentase (91%). Uji pelaksanaan lapangan dengan 31 siswa kelas XI MAS Proyek Univa Medan mendapatkan nilai kriteria nilai “Sangat Layak” dengan presentase (90%). Tahap hasil keefektifan media pembelajaran Wordwall dalam teks cerpen dilakukan dengan cara tes evaluasi pada lembar soal untuk dapat mengukur keefektifan media pembelajaran Wordwall dalam teks cerpen. Hasil dari evaluasi memperoleh kriteria nilai “Sangat Efektif” dengan presentase (90%). Kata kunci: pengembangan media pembelajaran Wordwall, teks cerpenen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseries;71190513012-
dc.subjectpengembangan media pembelajaran Wordwall, teks cerpenen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DALAM TEKS CERPEN SISWA KELAS XI MAS PROYEK UNIVA MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography362.25 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract306.52 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II1.27 MBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V1.6 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.