Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3356
Title: | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS NEGOSIASI BERBASIS SOSIAL BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HOTS SISWA KELAS X SMA NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN |
Authors: | FAZIRA, ERA |
Keywords: | Penelitian Research and Development (R&D), Modul, Teks Negosiasi, HOTS, Sosial Budaya |
Issue Date: | 20-Aug-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | ;71170513005 |
Abstract: | ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kelayakan modul sebagai bahan ajar materi pembelajaran menulis teks negosiasi berbasis sosial budaya untuk meningkatkan HOTS (Higher Order Thinking Skills) kelas X SMA. Sumber data dari penelitian ini berupa kuesioner. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah data deskriptif dan kuantitatif sebagai data pokok yang terkumpul melalui instrument dengan skala likert. Responden dalam penelitian ini adalah dua ahli materi/bahasa, dan dua ahli desain. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan 4-D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, development, dan disseminate. Validasi ahli materi terhadap modul pembelajaran yang dikembangkan diperoleh rata-rata keseluruhan 77% dengan kriteria “Memuaskan” artinya produk layak untuk diuji. Sementara ahli desain diperoleh rata-rata keseluruhan 91% dengan kriteria “Sangat Memuaskan” artinya produk layak untuk diuji cobakan kedalam kelompok kecil dan terbatas. Peneliti mengujicobakan produk tersebut dalam kelompok kecil dan terbatas. Populasi penelitian ini adalah 25 siswa kelas X IPA dan 25 siswa kelas X IPS. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA dan IPS. Hasil uji kelompok kecil pada kelas X IPA diperoleh 90% dan uji kelompok kecil kelas X IPS diperoleh 80%. Kemudian untuk hasil persentase angket respon siswa berupa uji kelompok terbatas yaitu pada kelas X IPA diperoleh 94% dan pada kelas X IPS diperoleh 90%. Dari hasil uji produk modul pembelajaran yang dikembangkan, maka modul pembelajaran dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas X IPA. Kata kunci : Penelitian Research and Development (R&D), Modul, Teks Negosiasi, HOTS, Sosial Budaya |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3356 |
Appears in Collections: | Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 737.96 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 167.12 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 459.12 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 763.59 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.