Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3304
Title: PEMBENTUKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA MELALUI PEMBIASAAN SIKAP TOLONG MENOLONG PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs AL ULUM MEDAN
Authors: Br. Damanik, Triani Agustina
Keywords: Pembentukan Kepedulian Sosial Siswa Melalui Pembiasaan Sikap Tolong Menolong Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTs Al Ulum Medan
Issue Date: 29-Aug-2024
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: Uisu2403505;71200211059
Abstract: Triani Agustina Br Damanik, Pembentukan Kepedulian Sosial Siswa Melalui Pembiasaan Sikap Tolong Menolong Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Al Ulum Medan, Skripsi : Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatra Utara. Pembimbing I Pembimbing II : Perlaungan Lubis, MA : H. Habibullah , S.Ag, MA Sikap peduli sosial harus ditanamkan kepada peserta didik, karena manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan pihak-pihak lain, seorang manusia tidak akan mungkin tumbuh secara ideal tanpa bantuan dari orang lain. Sekarang ini perkembangan jiwa peserta didik yang cenderung mementingkan dirinya sendiri, kurang peduli terhadap sesama, bahkan cenderung acuh tak acuh terhadap temannya sendiri apalagi terhadap orang lain. maka dari itu, agar sikap kepedulian sosial ini terbentuk salah satunya dengan cara diadakannya infak harian yang dilakukan disetiap kelas. Infak yang terkumpul dari peserta didik digunakan untuk disumbangkan ke panti asuhan, menolong orang tertimpa musibah, dan sebagainya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang di hadapi oleh guru dalam meningkatkan kepedulian sosial siwa melalui pembiasaan tolong menolong pada mata pelajaran pendidikan agama islam MTs Al Ulum Medan.? Serta bagaimana upaya -upaya untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa siwa melalui pembiasaan tolong menolong pada mata pelajaran pendidikan agama islam MTs Al Ulum Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan 4 orang, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi , wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilaksanakan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. iv Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa terdapat pembentukan sikap kepedulian sosial siswa melalui pembiasaan tolong menolong pada mata pelajaran pendidikan agama islam di MTs Al Ulum Medan. Pembentukan sikap kepedulian dan tolong menolong dilihat pada sikap berikut ini: 1) Pembentukan kepedulian sosial di MTs Al Ulum dapat di lihat dari beberapa indikator yaitu saopan santu, simpati, empati, saling berbagi dan saling bekerja sama. 2) Sikap tolong menolong di MTs al Ulum medan bisa di lihat dengan meminjamkan pulpen, mengantar teman yang sakit dan membersihkan mesjid bersama-sama 3)dalam pembiasaan tolong menolong dalam membentuk kepedulian sosial di MTs al ulum di terapkan yaitu :kegiatan rutin dan kegiatan Spontan. Kata Kunci : Pembentukan Kepedulian Sosial Siswa Melalui Pembiasaan Sikap Tolong Menolong Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTs Al Ulum Medan
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3304
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover,Bibliography.pdf988.74 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf205.46 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf518.01 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf356.48 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.