Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3304
Title: | PEMBENTUKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA MELALUI PEMBIASAAN SIKAP TOLONG MENOLONG PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs AL ULUM MEDAN |
Authors: | Br. Damanik, Triani Agustina |
Keywords: | Pembentukan Kepedulian Sosial Siswa Melalui Pembiasaan Sikap Tolong Menolong Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTs Al Ulum Medan |
Issue Date: | 29-Aug-2024 |
Publisher: | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | Uisu2403505;71200211059 |
Abstract: | Triani Agustina Br Damanik, Pembentukan Kepedulian Sosial Siswa Melalui Pembiasaan Sikap Tolong Menolong Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Al Ulum Medan, Skripsi : Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatra Utara. Pembimbing I Pembimbing II : Perlaungan Lubis, MA : H. Habibullah , S.Ag, MA Sikap peduli sosial harus ditanamkan kepada peserta didik, karena manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan pihak-pihak lain, seorang manusia tidak akan mungkin tumbuh secara ideal tanpa bantuan dari orang lain. Sekarang ini perkembangan jiwa peserta didik yang cenderung mementingkan dirinya sendiri, kurang peduli terhadap sesama, bahkan cenderung acuh tak acuh terhadap temannya sendiri apalagi terhadap orang lain. maka dari itu, agar sikap kepedulian sosial ini terbentuk salah satunya dengan cara diadakannya infak harian yang dilakukan disetiap kelas. Infak yang terkumpul dari peserta didik digunakan untuk disumbangkan ke panti asuhan, menolong orang tertimpa musibah, dan sebagainya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang di hadapi oleh guru dalam meningkatkan kepedulian sosial siwa melalui pembiasaan tolong menolong pada mata pelajaran pendidikan agama islam MTs Al Ulum Medan.? Serta bagaimana upaya -upaya untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa siwa melalui pembiasaan tolong menolong pada mata pelajaran pendidikan agama islam MTs Al Ulum Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan 4 orang, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi , wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilaksanakan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. iv Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa terdapat pembentukan sikap kepedulian sosial siswa melalui pembiasaan tolong menolong pada mata pelajaran pendidikan agama islam di MTs Al Ulum Medan. Pembentukan sikap kepedulian dan tolong menolong dilihat pada sikap berikut ini: 1) Pembentukan kepedulian sosial di MTs Al Ulum dapat di lihat dari beberapa indikator yaitu saopan santu, simpati, empati, saling berbagi dan saling bekerja sama. 2) Sikap tolong menolong di MTs al Ulum medan bisa di lihat dengan meminjamkan pulpen, mengantar teman yang sakit dan membersihkan mesjid bersama-sama 3)dalam pembiasaan tolong menolong dalam membentuk kepedulian sosial di MTs al ulum di terapkan yaitu :kegiatan rutin dan kegiatan Spontan. Kata Kunci : Pembentukan Kepedulian Sosial Siswa Melalui Pembiasaan Sikap Tolong Menolong Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTs Al Ulum Medan |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3304 |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover,Bibliography.pdf | Cover,Bibliography.pdf | 988.74 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract.pdf | 205.46 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II.pdf | 518.01 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V.pdf | 356.48 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.