Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3302
Title: PENGARUH METODE DEMONTRASI TERHADAP MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VII DI MTs MUALLIMIN UNIVA MEDAN
Authors: Br Sinaga, Tasya Fatricia
Keywords: Metode Demontrasi, Keaktifan Siswa
Issue Date: 29-Aug-2024
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: Uisu2403504;71200211036
Abstract: PENGARUH METODE DEMONTRASI TERHADAP MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VII DI MTs MUALLIMIN UNIVA MEDAN Oleh : Tasya Fatricia Br Sinaga 71200211036 Metode pembelajaran merupakan cara dan siasat yang digunakan oleh guru untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pemilihan dan penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan dipelajari dapat menarik semangat dan keaktifan siswa untuk belajar. Sehingga hal ini juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa di kelas. Adapun salah satu metode pembelajaran yang dapat menarik keaktifan siswa yaitu metode demonstrasi. Melalui metode demonstrasi siswa dapat meningkatkan keterampilan, keaktifan, dan pola pikir siswa untuk dapat menyelesaikan masalah yang ada. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif korelasional. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 39 orang dari 300 populasi dari jumlah peserta didik kelas VII secara keseluruhan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan observasi dengan menggunakan teknik analisis data deskriftif Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode demonstrasi berada pada kategori tinggi dengan skor 83,48% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 39 responden. (2) keaktifan siswa berada pada kategori tinggi dengan skor 85,33% (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode demonstrasi terhadap keaktifan siswa di MTs Muallimin Univa Medan, yang dibuktikan melalui hasil analisis data berdasarkan pada uji hipotesis dan uji korelasi menunjukkan bahwa R = 0,463 atau 46,3%, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa metode demonstrasi berpengaruh terhadap keaktifan siswa pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas VII di MTs Muallimin Univa Medan dengan konstribusi yang diberikan sebanyak 46,3% Kata Kunci: Metode Demontrasi, Keaktifan Siswa
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3302
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover,Bibliography.pdf484.8 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf109.74 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf623.99 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf770.24 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.