Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3296
Title: PENGARUH STRATEGI ASPEK KOGNITIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMAN 1 BAGAN SINEMBAH, KAB. ROKAN HILIR, RIAU
Authors: ERIYANI, SITI EKA
Keywords: Strategi Aspek Kognitif, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI )
Issue Date: 29-Aug-2024
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: Uisu2403501;71200211001 PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN A
Abstract: Penelitian Siti Eka Eriyani (2024) berjudul “Pengaruh Strategi Aspek Kognitif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Bagan Sinembah, Kab. Rokan Hilir, Riau” dengan dosen pembimbing I Ibu Dra. Hj. Tuti Alawiyah, MA dan dosen pembimbing II Bapak Drs. H. Zulkarnaen Guchi, MA. Penelitian ini berutjuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi aspek kognitif terhadap motivasi belajar siswa kelas IX mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Bagan Sinembah Kab. Rokan Hilir, Riau. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitaif yang dilakukan pada bulan januari. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI khusus bagi siswa yang beragama islam saja, sehingga pengumpulan data dilakukan menggunakan penyebaran angket (pernyataan) menggunakan purposive sampling yaitu sample sebanyak 51 responden. Dan hasil penelitian yang diperoleh pengaruh strategi aspek kognitif terhadap motivasi belajar siswa kelas IX mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Bagan Sinembah yang berkontribusi nilai koefisien determinasi R Square (R2) sebesar 0.704 atau 70,4% dan sisanya (100%-70,4%) = 29,6% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kemudian Thitung < Ttabel atau -10.787 < 1.67655 maka dapat diartika bahwa H0 diterima. Artinya, terdapat pengaruh aspek kognitif (X) terhadap motivasi belajar (Y). Terdapat signifikan nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel yaitu 116.356 > 4,03 (F tabel didapat dari F (k ; n-k) = F (1 ; 50) = 4,03) dan dengan tingkat signifikan di bawah 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan cara pengambilan keputusan uji simultan bahwa variabel aspek kognitif (X) berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar (Y). Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh signifikan aspek kognitif terhadap motivasi belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kata kunci : Strategi Aspek Kognitif, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI )
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3296
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf758.89 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf104.03 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf382.28 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf431.55 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.