Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3256
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNICO, PENARA-
dc.date.accessioned2024-08-28T07:41:07Z-
dc.date.available2024-08-28T07:41:07Z-
dc.date.issued2024-08-28-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3256-
dc.description.abstractNama : PENARA NICO, NPM : 71190211143, Judul : PENERAPAN METODE PJBL DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMP IT DOD MEDAN Proses mengajar agama Islam guru masih mendominasi pengajaran dengan menerapkan metode yang konvensional yaitu metode ceramah, Tanya jawab dan penugasan. Metode ini tentunya menurut hemat penulis tidak menciptakan keaktifan dan kemandirian belajar siswa sehingga hasil belajarnya juga rendah. Oleh karena itu dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui keaktifan dan kemandirian belajar, harus menerapkan metode pembelajaran yang efektif salah satunya adalah metode Project Based Learning (PjBL) , karena menerapkan metode ini membuat siswa aktif bertanya, menemukan konsep, menganalisa, melahirkan sesuatu konsep baru dan sebagainya sehingga keaktifan dan kemandirian siswa dengan sendirinya akan tercipta. Apabila keaktifan dan kemandirian belajar siswa sudah muncul maka hasil belajarnya juga akan semakin baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan model Project Based Learning mampu meningkatkan keaktifan belajar PAI siswa kelas VII SMP IT DOD Medan. Untuk mengetahui apakah dengan model Project Based Learning mampu meningkatkan kemandirian belajar PAI siswa kelas VII SMP IT DOD Medan. Untuk mengetahui apakah dengan model Project Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VII SMP IT DOD Medan. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan sampel 40 orang teknik pengumpulan data angket dan tes dan analisa data statistic. Adapun hasil penelitian ini adalah Model Project Based Learning mampu meningkatkan keaktifan belajar PAI siswa kelas VII SMP IT DOD Medan karena model pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan masalah, bertanya, menganalisis dan menemukan sesuatu permasalahan sampai mengambil kesimpulan. Model Project Based Learning mampu meningkatkan kemandirian belajar PAI siswa kelas VII SMP IT DOD Medan, dimana metode pembelajaran ini membuat siswa untuk tidak ketergantungan terhadap temannya atau kelompoknya. Model Project Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VII SMP IT DOD Medan, sebagaimana hasil uji t menunjukkan bahwa t-hitung>t table (2.126>1.684). adapun tingkat pengaruhnya adalah 32,6%. Kata Kunci : Metode PJBL dan Hasil Belajaren_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUisu2403468;71190211143-
dc.subjectMetode PJBL dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN METODE PJBL DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASILBELAJAR PAI DI SMP IT DOD MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf766.26 kBAdobe PDFView/Open
Absrtact.pdfAbstract.pdf209.75 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf809.32 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf893.09 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.