Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3195
Title: PENERAPAN KITAB TAYSIR AL KHALAQ KARYA SYAIKH HAFIDZ HASAN AL MAS’UDI DALAM MEMBINA AKHLAQUL MAHMUDAH SISWA DI MTs PUTRI ALIIFAH MEDAN MARELAN
Authors: OCTAVIA, ALIYAH
Keywords: Penerapan Kitab Taysir Al- Khalaq, Pembinaan Akhlaqul Mahmudah Siswa.
Issue Date: 28-Aug-2024
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: Uisu2403416;71200211019
Abstract: Kitab Taysir Al- Khalaq merupakan salah satu kitab dalam bidang akhlak yang mengungkap sejumlah etika yang harus dilakukan seseorang pada tiga hal, yakni etika dirinya dengan Allah SWT, etika dirinya dengan pribadinya sendiri, dan etika dirinya dengan orang lain. Kitab ini juga berisi ringkasan ilmu akhlak untuk siswa. Oleh karena itulah penulis melakukan penelitian tentang Penerapan Kitab Taysir Al- Khalaq Karya Syaikh Hafidz Hasan Al Mas’udi Dalam Membina Akhlaqul Mahmudah Siswa di MTs Putri Aliifah Medan Marelan. Dalam skripsi ini ada tiga hal yang dibahas yakni: (1) Bagaimana penerapan akhlak mahmudah melalui kitab Taysir Al- Khalaq karya Syaikh Hafidz Hasan Al Mas’udi pada siswa di MTs Putri Aliifah Medan Marelan? (2) Bagaimana pembinaan akhlak mahmudah melalui kitab Taysir al- khalaq karya Syaikh Hafidz Hasan Al Mas’udi pada siswa di MTs Putri Aliifah Medan Marelan? (3) Apa saja faktor yang mempengaruhi pembinaan akhlak siswa di MTs Putri Aliifah Medan Marelan? Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang mengkaji data yang menggambarkan realita sosial yang kompleks dan kongkrit. Untuk menggali data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya hasil dari teknik tersebut dipilih sesuai dengan fokus penelitian. Untuk melihat keabsahan data digunakan teknik trianggulasi data dan kemudian dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian secara keseluruhan tentang Penerapan Kitab Taysir Al- Khalaq Karya Syaikh Hafidz Hasan Al Mas’udi Dalam Membina Akhlaqul Mahmudah Siswa di MTs Putri Aliifah Medan Marelan, maka dapat disimpulkan bahwa: pertama, penerapan pembelajaran kitab taysir al- khalaq berjalan dengan baik dan efektif terlihat dari terlaksanakannya indikator pembelajaran efektif. Kedua, pembinaan akhlaqul mahmudah melalui kegiatan pembelajaran Kitab Taysir Al- khalaq di MTs Putri Aliifah mencakup: peran guru dalam membina akhlaqul mahmudah siswa sudah berperan aktif, metode yang digunakan dalam membina akhlaqul mahmudah siswa adalah metode contoh, teladan, pemberian nasehat, pembiasaan, dan hukuman. Ketiga, faktor- faktor pendorong dan faktor penghambat. Faktor pendorong dalam pembinaan akhlak yakni keteladanan guru, orang tua siswa, fasilitas madrasah, kerja sama antara guru dan staf madrasah, hadiah (reward). Sedangkan faktor penghambat dalam membina akhlak siswa adalah game online, latar belakang siswa, dan teman. Kata Kunci: Penerapan Kitab Taysir Al- Khalaq, Pembinaan Akhlaqul Mahmudah Siswa. ix
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3195
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf297.53 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf247.28 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf454.31 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf383.26 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.