Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3185
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | FEBRIANTO, ADHA FITRA | - |
dc.date.accessioned | 2024-08-27T08:13:45Z | - |
dc.date.available | 2024-08-27T08:13:45Z | - |
dc.date.issued | 2024-08-27 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3185 | - |
dc.description.abstract | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PREZI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MA LAB IKIP AL-WASLIYAH MEDAN KECAMATAN. MEDAN AMPLAS ABSTRAK Latar belakang dalam penelitian ini, faktor yang menentukan keberhasilan dari suatu proses pembelajaran dapat dilihat dari konsentrasi dan sikap antusias siswa pada saat proses pembelajaran itu berlangsung. Minat timbul dikarnakan adanya pengaruh atau faktor dari luar.salah satunya yakni penggunaan media pembelajaran. Oleh karna itu, perlunya sebagai seorang guru memilih media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi serta karakteristik siswa. Salah satunya yaitu media pembelajaran prezi. Hal tersebut dikarnakan media pembelajaran prezi dapat digunakan dalam berbagai gaya belajar siswa sehingga dapat memudahkan penyampaian materi serta membuat penampilan presentasi lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Penerapan media pembelajaran prezi pada mata pembelajaran akidah akhlak di MA Lab Ikip Al-Wasliyah Medan Kec. Medan Amplas; (2) Minat belajar siswa pada mata pembelajaran akidah akhlak di MA Lab Ikip Al- Wasliyah Medan Kec. Medan Amplas; dan (3) Pengaruh media pembelajaran prezi terhadap mata pembelajaran akidah akhlak di MA Lab Ikip Al-Wasliyah Medan Kec. Medan Amplas. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, penelitian kualitatif menggunakan deskriftif kualitatif. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Hasil penelitian menujukan bahwa (1) Penggunaan media pembelajaran Prezi di sekolah Ma. Lab. Ikip Al-Wasliyah Medan kec. Medan Amplas dengan jumlah responden sebanyak 70 siswa berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan dan juga para siswa merasa tertarik dan mudah dalam mempelajari materi akidah akhlak yang disampaikan oleh guru, sehingga diperoleh jumlah siswa dengan kategori sangat setujuh sebanyak 34 siswa (48,6%), dan siswa dengan kategori setuju sebanyak 36 siswa (51,4%), (2) Minat belajar, di sekolah Ma. Lab. Ikip Al-Wasliyah Medan kec. Medan Amplas dengan jumlah responden sebanyak 70 siswa, menunjukan minat belajar dengan kategori sangat setuju sebanyak 30 siswa (42,9%) serta siswa dengan kategori setuju sebanyak 33 siswa (47,1%), (3) Dari hasil uji parsial (uji t) diperoleh bahwa pengaruh dari media pembelajaran prezi (X) terhadap minat belajar siswa (Y) diketahui ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ sebesar 10.053 sedangkan ๐ก๐ก๐๐๐๐ sebesar 1,668 dan nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang menyatakan Media Pembelajaran Prezi berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Prezi, Minat Belajar | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Uisu2403411;71190211128 | - |
dc.subject | Media Pembelajaran, Prezi, Minat Belajar | en_US |
dc.title | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PREZI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MA LAB IKIP AL-WASLIYAH MEDAN KECAMATAN. MEDAN AMPLAS | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography.pdf | 1.63 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract.pdf | 136.13 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II.pdf | 693.55 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V.pdf | 947.94 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.