Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3179
Title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL WASHLIYAH 22 TEMBUNG, KECAMATAN PERCUT SEI TUAN, KABUPATEN DELI SERDANG
Authors: DHUHA, ABDILLAH
Keywords: Implementasi Pendidikan Agama Islam, Akhlak Siswa, MAS Al Washliyah 22 Tembung
Issue Date: 27-Aug-2024
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: Uisu240397;71200211091
Abstract: Nama NPM Judul : Abdillah Dhuha : 71200211091 : Implementasi Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa di MAS Al-Washliyah 22 Tembung Pelajaran Pendidikan agama Islam di sekolah mempunyai peranan penting dalam upaya memberikan nilai-nilai keagamaan bagi peserta didik terhadap akhlak peserta didik agar menjadi lebih baik daripada sebelumnya, tujuan adanya pendidikan agama Islam tentunya untuk mencetak para peserta didik yang religius, bertanggung jawab, disiplin, jujur, dan perduli terhadap lingkungan serta perduli dengan sesama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan akhlak siswa di Madrasah Aliyah Al Washliyah 22 Tembung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan mendatangi langsung Madrasah Aliyah Al-Washliyah 22 Tembung serta melakukan observasi terhadap kegiatan pendidikan Islam di madrasah dan wawancara dengan kepala madrasah, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam yang diimplementasikan di Madrasah Aliyah Al Washliyah 22 Tembung memiliki dampak yang positif terhadap pembentukan akhlak siswa, dengan meningkatnya pemahaman nilai-nilai agama serta hafalan Quran dan perilaku moral yang baik. Selain itu Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah 22 Tembung memiliki program pendidikan Agama Islam yang terstruktur, meliputi pembelajaran teori dan praktik keagamaan serta pengembangan akhlak mulia. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi kemajuan zaman dan teknologi yang bisa saja membuat peserta didik kurang dalam menerapkan nilai-nilai Islam di lingkungan sekolah maupun kehidupannya sehari-hari. Para siswa memberikan respon yang baik terhadap implementasi pendidikan agama Islam yang ada di MAS Al-Washliyah 22 Tembung dikarenakan mereka lebih mudah dalam memahami pembelajaran dan mengetahui lebih mendalam tentang pentingnya memiliki akhlak yang baik bagi para peserta didik. Berdasarkan hasil dari analisis data yang diperoleh bahwasanya implementasi pendidikan agama Islam terhadap akhlak siswa di MAS Al Washliyah 22 Tembung sudah berjalan dengan baik. Kata Kunci : Implementasi Pendidikan Agama Islam, Akhlak Siswa, MAS Al Washliyah 22 Tembung iii
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3179
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf525.89 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf198.05 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf693.29 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf663.7 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.