Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2998
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPYANTO, FARINO-
dc.date.accessioned2024-08-16T04:17:26Z-
dc.date.available2024-08-16T04:17:26Z-
dc.date.issued2024-08-13-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2998-
dc.description.abstractABSTRAK Indonesia merupakan salah satu wilayah rentan gempa, disebabkan posisinya berada di lintasan titik gempa yang dijuluki Lingkar Api Pasifik. Sepanjang jalur ini terkandung barisan gunung berapi aktif dan pelat tektonik yang berpindah serta bertumbukan satu sama lain. Indonesia telah banyak terjadi gempa bumi, salah satunya di Aceh dan Padang. Gempa sangat mengancam struktur yang berdiri di atasnya. Keruntuhan struktur diakibatkan oleh gempa umumnya sangat sontak dan rawan bagi prosedur evakuasi. Kinerja struktur sangat dibutuhkan untuk mengetahui kondisi keruntuhan struktur saat terjadi gempa. Perhitungan kinerja struktur memakai berbagai metode antara lain metode statis dan dinamis. Cara ini membutuhkan rekaman percepatan gempa dan Analisis Respon Spektrum. Penelitian ini dilakukan pada Abutmen Jembatan Aek Malau yang berlokasi di Kabupaten Samosir. Pada penelitian ini, analisis dilakukan secara non-linier dengan metode pushover analysis. Abutmen Jembatan diberikan beban lateral berupa beban gempa dan beban lainnya pada titik acuan yang sudah ditentukan. Setelah memasukkan beban yang ditentukan, maka dapat diketahui tingkat kinerja struktur yang mengacu pada standar ATC-40 sesuai kurva kapasitas yang terjadi. Setelah itu, tingkat kinerja struktur dianalisis menggunakan Artificial Neural Network. Hasil dari penelitian ini berasal dari 192 data dengan respons spektrum gempa Kabupaten Samosir. Abutmen dinyatakan dalam keadaan aman. Akurasi percobaan 1 sebesar 99,99853959% untuk data Train dan 99,99844027% untuk data test. Sedangkan, nilai akurasi percobaan 2 sebesar 99,9999521% untuk data Train dan 99,99995496% untuk data test. Sementara nilai akurasi percobaan 3 sebesar 99,99996201% untuk data Train dan 99,99997015% untuk data test. Kata kunci: Pushover, Neural, Abutmenen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Teknik, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU240234;71200913056-
dc.subjectPushover, Neural, Abutmenen_US
dc.titlePREDIKSI KERUSAKAN ABUTMEN JEMBATAN AEK MALAU DENGAN METODE ARTIFICIAL NEURAL NETWORKen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Teknik Sipil

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography563.71 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract129.2 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II468.65 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V657.64 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.