Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/293
Title: | IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN READING ALOUD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI FIQIH DI MTS ISTIQLAL DELITUA |
Authors: | QUSAYRI, MUHAMMAD |
Keywords: | Strategi Reading Aloud, Pemahaman Materi Fiqih |
Issue Date: | 22-Sep-2019 |
Publisher: | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | 7115020024;7115020024 |
Abstract: | ABSTRAK IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN READING ALOUD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI FIQIH DI MTs ISTIQLAL DELITUA MUHAMMAD QUSAYRI NPM 7115020024 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa tentang materi Fiqih sebelum menggunakan strategi pembelajaran Reading Aloud dan implementasi strategi pembelajaran Reading Aloud dalam pembelajaran Fiqih, serta peningkatan pemahaman siswa tentang materi Fiqih setelah diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Reading Aloud. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Istiqlal Delitua tahun pembelajaran 2019/2020 sebanyak 161 siswa. Sampel penelitian ini ditetapkan menggunakan teknik purposif yakni dengan menetapkan kelas VII.A sebanyak 34 siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar Fiqih berbentuk objektif pilihan sebanyak 20 soal yang mengacu pada materi pokok Di Balik Kesulitan terdapat Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: pemahaman siswa tentang materi Fiqih sebelum menggunakan strategi pembelajaran Reading Aloud adalah 65,59 kategori C (cukup) dan setelah menggunakan strategi pembelajaran Reading Aloud adalah 80,59 kategori A (baik sekali). Peningkatan pemahaman siswa tentang materi Fiqih setelah diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Reading Aloud adalah sebesar 43,59%. Strategi pembelajaran Reading Aloud memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman materi Fiqih siswa.. Harga thitung = 8,242 lebih besar dari ttabel pada α = 0,05 db = n1 + n2 - 2 atau 34 + 34 – 2 = 66 yakni 8,242 > 1,668 sehingga semakin baik penggunaan strategi pembelajaran Reading Aloud, maka semakin meningkatkan pemahaman siswa tentang materi Fiqih. Kata Kunci: Strategi Reading Aloud, Pemahaman Materi Fiqih |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/293 |
Appears in Collections: | Manajemen Pendidikan Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
MUHAMMAD QUSAYRI.pdf | 51.02 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.