Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2868
Title: | PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR'AN AL-HADITS (STUDI KASUS KELAS IX DI MTs AMIN DARUSSALAM DESA BANDAR SETIA) |
Authors: | HADI, AMIRUL |
Keywords: | Problematika, Problematika Pembelajaran Al-Qur’an AlHadits |
Issue Date: | 20-Mar-2024 |
Publisher: | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU240115;71190211074 |
Abstract: | ABSTRAK PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN AL-HADITS (STUDI KASUS KELAS IX DI MTs AMIN DARUSSALAM DESA BANDAR SETIA) Oleh AMIRUL HADI NPM: 71190211074 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran Al-Qur’an Al-Hadits di MTs Amin Darussalam desa Bandar Setia. Fokus masalah yang akan dikaji adalah: 1)Apa saja problematika pembelajaran AL-Qur’an Al-Hadits di MTs Amin Darussalam desa Bandar Setia. 2) Bagaimana upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Al-Hadits. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan tahap persiapan, pelaksanaan dan peneyelesaian. Objek penelitian adalah peserta didik dan pendidik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa problematika pembelajaran AlQur’an Al-Hadits di MTs Amin Darussalam desa Bandar Setia terdiri dari: problematika pada materi ajar,waktu yang terbatas dalam pembelajaran, metode pembelajaran, peserta didik, evaluasi pembelajaran, dan sarana prasarana pembelajaran. Upaya mengatasi problematika pembelajaran AlQur’an Al-Hadits meliputi: (1) Guru menyebarkan materi ajar inovatif secara bertahap. Masalah tentang kurangnya referensi, solusinya guru mencari tambahan lewat internet, buku-buku, kitab-kitab salaf. (2) Guru Al-Qur’an Al-Hadits bersama kepala madrasah memberikan solusi dengan membuka dan mengadakan ekstrakurikuler BTA, IMTAQ, Les Privat, menganjurkan siswannya sekolah TPQ atupun Diniyyah.(3) Guru menggunakan metode mengajar yang dapat disesuaikan dengan gaya belajar masing- masing siswa..(4) Sekolah menyediakan media serta sumber belajar yang mendukung pembelajaran untuk tujuan yang diharapkan seperti menyediakan LKS (Lembar kerja siswa),buku buku penunjang Al-Qur’an Al-Hadits. Kata Kunci: Problematika, Problematika Pembelajaran Al-Qur’an AlHadits. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2868 |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 3.26 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 257.98 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 1.29 MB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 1.22 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.