Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2865
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPUTRI, AIDA PURNAMA-
dc.date.accessioned2024-03-22T03:30:57Z-
dc.date.available2024-03-22T03:30:57Z-
dc.date.issued2024-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2865-
dc.description.abstractABSTRAK STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAMMENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI LITERASI DIGITAL DI SMP TUNAS KARYA BATANG KUIS AIDA PURNAMA PUTRINPM: 71190211123 Era digital telah menuntut dunia pendidikan untuk dapat beradaptasi dengan cepat dimana semua informasi dapat di peroleh real – time dan cepat dimana saja dan kapan saja, dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) menuntu guru untuk memiliki kemampuan memahami. Dunia digital untuk menciptakan suasana pembelajaran yang baik dan dapat mendorong kemampuan dan kreativitas siswa secara maksimal. Literasi digital merupakan salah satu buta akasara dasar yang sudah menjadi kebutuhan dalam kegiatan belajar mengajar sebagai sumber untuk menentukan referensi, mengidentifikasi mengakses, mengevaluasi, dan memadukan informasi dalam kegiatan belajar mengajar. Kemudahan mengakses sebagai informasi perlu disikapi secara cermat oleh seorang pendidik dengan meningkatkan kompetensi literasi digital untuk mewujudkan tatanan masyarakt yang ememiliki pola piker dan cara pandang yang kritis dan kreatif. Untuk itu, starategi penegmbangan literasi digital menjadi salah satu indicator capaian di bidang pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SMP Tunsas Karya Kecamatan Batang Kuis, dengan menggunakan metodepenelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara, (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Teknik analisis data adalah (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, dan (3) Penarikan kesimpilan. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Strategi guru PAI dalam meningkatkan literasi digital Pendidikan Agama Islam” di SMP TUNAS KARYA, (2) Bagaimana dampak fositif dan negatif nya terhadap peserta didik Dalam penerapan pembelajarn literasi digital di SMP TUNAS KARYA, (3) Apa faktor pendukung dan penghambat Strategi peningkatan literasi digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP TUNAS KARYA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan literasi digital Pendidikan Agama Islam SMP TUNAS KARYA meliputi penguatan karakter dan tanggung jawab dalam menggunakan media digital sebagai sarana pembelajaran, memberikan pemahaman tentang pentingnya literasi digital dengan mempersiapkan berbagai sumber bacaan, pembiasaan membaca dengan menggunakan media digital dalam prose belajar mengajar, persiapan mempelajarai tautan, dan mempersiapkan link bacaan. (2) Bagaimana capaian pembelajaran siswa digital di SMP TUNAS KARYA, Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui literasi digital Adapun capaian pesrta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui literasi digital ialah,ii Melalui literasi digital, siswa dapat mengakses berbagai sumber daya pendidikan agama islam yang luas, termasuk e-book, artikel, video, dan situs agama islam. Sehngga memungkinkan siswa untuk memperdalam pemahaman mereka tentang ajaran-ajaran islam dan konteksnya dalam kehidupan sehari-hari. Pembahasan yang tidak ada di buku juga bisa mereka dapatkan dari media internet. (3) faktor pendukung dan penghambat Strategi peningkatan literasi digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP TUNAS KARYA antar lain dukunagnpenuh dari sekolah seperti pemenuhan sarana dan prasarana berbasis digital sedangkan factor penghambatnya adalah minimnya kuota yang dimiliki siswi dan rendahnya jaringan internet, kurangnyadisiplin peserta siswa dalam mengerjakan litersi, kesulitan memilih informasi yang tepat dan materi pembelajaran yang sesuai, kompetensi yangtak seimbang dalam mengakses dari web yang ada. Kata Kunci : Strategi pendidik, SMP Tunas Karya, Literasi Digitalen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU240112;71190211123-
dc.subjectStrategi pendidik, SMP Tunas Karya, Literasi Digitalen_US
dc.titleSTRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAMMENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI LITERASI DIGITALDI SMP TUNAS KARYA BATANG KUISen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography590.28 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract342.45 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II714.13 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V757.4 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.