Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2742
Title: FASHION SEBAGAI IDENTITAS DIRI (Studi Deskriptif tentang Fashion sebagai Identitas dalam Mengkomunikasikan Diri dikalangan Mahasiswa Universitas Budi Darma Medan)
Authors: SILOTO, ANISA JANAH
Keywords: Fashion, Komunikasi, dan Identitas diri
Issue Date: 23-Nov-2023
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU231019;71190612025
Abstract: ABSTRAK FASHION SEBAGAI IDENTITAS DIRI (Studi Deskriptif tentang fashion sebagai identitas dalam mengakomunikasikan diri dikalangan mahasiswa Universitas Budi Darma Medan) E-mail: annisasiloto@gmail.com Fashion merupakan tampilan atau gaya pakaian yang digunakan setiap hari oleh seseorang, baik itu dalam kehidupan sehari-harinya ataupun pada saat acara tertentu dengan tujuan untuk menunjang penampilan. Namun di lingkungan kampus mahasiswa harus mengikuti aturan yang telah di tetapkan sehingga mahasiswa tidak bisa seenaknya dalam menggunakan fashion oleh sebab itu, ini menjadi hal yang perlu dikaji. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui konsep fashion yang dikenakan oleh mahasiswa, pemahaman mahasiswa mengenai fashion sebagai identitas diri dan fashion sebagai alat mengkomunikasikan identitas diri mahasiswa di Universitas Budi Darma Medan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi penelitian. Pada penelitian ini teori yang digunakan adalah teori Interaksi Simbolik dan dibagi menjadi 3 yaitu mind, self, society. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa mahasiswa mengkomunikasikan diri melalui fashion yang dikenakan, konsep fashion yang dikenakan dengan mengikuti peraturan kampus dan mengikuti fashion yang saat ini trend. Dengan interaksi yang dilakukan, konsep diri mahasiswa tentang fashion melahirkan identitas diri, bukan hanya faktor lingkungan kampus yang mempengaruhi cara mahasiswa menggunakan fashion namun dalam diri dan faktor sosial lainnya. Dalam komunikasi artifaktual pada mahasiswa, mereka memiliki identitas sebagai berikut :islami style, mamba style, bumi style, kue style. Dengan adanya referensi style tersebut mahasiswa mengkombinasikan dengan mengenakan jas almamater pada hari yang ditetapakan oleh pihak kampus sehingga melahirkan identitas diri. Kata kunci : Fashion, Komunikasi, dan Identitas diri
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2742
Appears in Collections:Ilmu Komunikasi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography435.71 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract125.1 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II477.26 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V357.82 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.