Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2448
Title: PENGARUH PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN SUTOMO KOTA MEDAN (Studi Kasus)
Authors: GUSTARI, SINDI
Keywords: Parkir, Kapasitas, Kinerja, Volume
Parking, Capacity, Performance, Volume
Issue Date: 23-Oct-2023
Publisher: Fakultas Teknik, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230756;71210913073
Abstract: ABSTRAK Kota Medan mengalami pembangunan yg sangat pesat dari tahun ke tahun, hal ini mengakibatkan semakin padat nya arus lalu lintas pada kota tersebut. Dan salah satu jalan yang mengalami kemacetan akibat adanya parkir pada badan jalan serta mempengaruhi kinerja ruas jalan dan juga menjadi lokasi penelitian yaitu di Jalan Sutomo. Pelaksanaan survei dilakukan selama 7 Hari pada tanggal 27 juni – 03 juli 2022. Teknik pengumpulan data meliputi data survei volume lalu lintas, volume parkir, kapasitas ruas jalan dan nilai V/C rasio. Data yang telah diperoleh dianalisa dengan menggunakan peraturan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Berdasarkan data yang dianalisis, didapat volume lalu lintas dengan hambatan samping (H) sebesar 504 kejadian/jam, kapasitas jalan sebelum ada nya on street parking 6665.5 smp/jam dan kapasitas jalan sesudah ada nya on street parking 4795.1 smp/jam. Terjadi peningkatan cukup tinggi karena adanya aktifitas parkir kendaraan pada badan jalan di lokasi yang sangat padat. Kepadatan lalu lintas tertinggi pada Hari Jumat terjadi di interval waktu 12.00 - 13.00. Untuk Tingkat pelayanan jalan sebelum ada nya on street parking adalah sampai pada level C, dimana nilai V/C Ratio sampai pada angkat 0.60. Sedangkan untuk tingkat pelayan jalan setelah ada nya on street parking adalah sampai pada level D, dimana nilai V/C Ratio sampai pada angkat 0.84, dengan kecepatan rata-rata 20.86 km/jam. Dengan kondisi tersebut jika tidak segera ditangani maka akan mempengaruhi kinerja lalu lintas. Skala yang perlu dilakukan dengan menyediakannya lahan halte untuk angkutan umum agar lebih teratur. Kata kunci: Parkir, Kapasitas, Kinerja, Volume. ABSTRACT The city of Medan has experienced very rapid development from year to year, this has resulted in the increasingly dense traffic flow in the city. And one of the roads that experience congestion due to parking on the road body and affect the performance of road sections and is also the location of research, namely on Jalan Sutomo. The survey was conducted for 7 days on June 27 – July 3, 2022. Data collection techniques include survey data of traffic volume, parking volume, road section capacity and V/C ratio value. The data obtained were analyzed using the 1997 Indonesian Road Capacity Manual regulations. Based on the data analyzed, the traffic volume with side obstacles (H) was 504 events / hour, the road capacity before there was on street parking 6665.5 junior high school / hour and the road capacity after there was on street parking 4795.1 junior high school / hour. There is a fairly high increase due to vehicle parking activities on the road body in a very. The highest traffic density on Fridays occurs in the time interval 12.00 - 13.00. The level of road service before there is on street parking is up to level C, where the value of the V/C Ratio reaches 0.60. As for the level of road servants after on-street parking is up to level D, where the V/C Ratio value reaches 0.84, with an average speed of 44.1 km / h. With these conditions, if not handled immediately, it will affect traffic performance. The scale that needs to be done by providing parking lots in parallel marked with markings, as well as stops for public transportation to be more organized. Keywords: Parking, Capacity, Performance, Volume.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2448
Appears in Collections:Teknik Sipil

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography15.56 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract328.63 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II989.07 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V1.91 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.