Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2400
Title: PENGEMBANGAN E-MODUL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ISPRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAS AMIR HAMZAH MEDAN
Authors: MANURUNG, MUHAMMAD ZAKARIA
Keywords: e-modul, problem based learning, dan hasil belajar
Issue Date: 16-Oct-2023
Publisher: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230713;71180514016
Abstract: PENGEMBANGAN E-MODUL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ISPRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAS AMIR HAMZAH MEDAN Muhammad Zakaria Manurung Pendidikan Matematika, Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia mzakariamanurung11@gmail.com Penelitian ini membahas pengembangan e-modul Problem Based Learning (PBL) berbantuan iSpring Suite 10 pada materi transformasi geometri yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan e-modul dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan problem based learning (PBL). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAS Amir Hamzah Medan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini menggunakan teknik dengan memberikan lembar angket validitas, lembar tes dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil validator ahli materi, bahasa dan media diperoleh persentase rata-rata seluruh validitas sebesar 88%. Hal ini menunjukkan bahwa e modul problem based learning (PBL) pada materi transformasi geometri yang dikembangkan mendapatkan kriteria sangat valid dengan rata-rata keseluruhan reliabilitas sebesar 1,382 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan hasil belajar siswa menunjukkan persentase rata-rata 79% dengan kriteria efektif dan hasil angket respon siswa menunjukkan persentase 66% dengan kategori praktis. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan skala N-gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan e modul Problem Based Learning (PBL) berbantuan iSpring Suite 10 pada materi transformasi geometri layak digunakan. Kata kunci: e-modul, problem based learning, dan hasil belajar
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2400
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover,Bibliography11.35 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract516.39 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II1.32 MBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V990.76 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.