Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2400
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | MANURUNG, MUHAMMAD ZAKARIA | - |
dc.date.accessioned | 2023-10-16T04:36:03Z | - |
dc.date.available | 2023-10-16T04:36:03Z | - |
dc.date.issued | 2023-10-16 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2400 | - |
dc.description.abstract | PENGEMBANGAN E-MODUL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ISPRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAS AMIR HAMZAH MEDAN Muhammad Zakaria Manurung Pendidikan Matematika, Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia mzakariamanurung11@gmail.com Penelitian ini membahas pengembangan e-modul Problem Based Learning (PBL) berbantuan iSpring Suite 10 pada materi transformasi geometri yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan e-modul dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan problem based learning (PBL). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAS Amir Hamzah Medan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini menggunakan teknik dengan memberikan lembar angket validitas, lembar tes dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil validator ahli materi, bahasa dan media diperoleh persentase rata-rata seluruh validitas sebesar 88%. Hal ini menunjukkan bahwa e modul problem based learning (PBL) pada materi transformasi geometri yang dikembangkan mendapatkan kriteria sangat valid dengan rata-rata keseluruhan reliabilitas sebesar 1,382 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan hasil belajar siswa menunjukkan persentase rata-rata 79% dengan kriteria efektif dan hasil angket respon siswa menunjukkan persentase 66% dengan kategori praktis. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan skala N-gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan e modul Problem Based Learning (PBL) berbantuan iSpring Suite 10 pada materi transformasi geometri layak digunakan. Kata kunci: e-modul, problem based learning, dan hasil belajar | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU230713;71180514016 | - |
dc.subject | e-modul, problem based learning, dan hasil belajar | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN E-MODUL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ISPRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAS AMIR HAMZAH MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Matematika |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover,Bibliography.pdf | Cover,Bibliography | 11.35 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 516.39 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 1.32 MB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 990.76 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.