Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/234
Title: PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE DENGAN MACROMEDIA FLASH DI MAN PEMATANGSIANTAR
Authors: SYAWALUDDIN, AHMAD
Keywords: Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Macromedia Flash, Hasil Belajar Siswa
Learning Media, Lectora Inspire, Macromedia Flash, Student Learning Outcomes
Issue Date: 26-Jul-2019
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: 71160517009;71160517009
Abstract: ABSTRAK PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE DENGAN MACROMEDIA FLASH DI MAN PEMATANGSIANTAR Ahmad Syawaluddin Email : ahmadsyawaluddin07@gmail.com Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis lectora inspire dan macromedia flash pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit; dan untuk memperoleh perbandingan hasil belajar siswa materi larutan elektrolit dan nonelektrolit menggunakan media pembelajaran berbasis lectora inspire dengan macromedia flash. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitian quasi experimental design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang menggunakan media pembelajaran berbasis lectora inspire meningkat dengan nilai rata-rata pre test 50,1 dan nilai rata-rata post test 86,4; 2) Hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash meningkat dengan nilai rata-rata pre test 50,6 dan nilai rata-rata post test 73,8; dan 3) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang menggunakan media pembelajaran berbasis lectora inspire dengan macromedia flash. Kata kunci: Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Macromedia Flash, Hasil Belajar Siswa ABSTRACT COMPARISON OF STUDENT LEARNING RESULTS MATERIAL FOR ELECTROLYTE AND NONELECTROLYTE SOLUTIONS USING LECTORA INSPIRE BASED LEARNING WITH MACROMEDIA FLASH AT MAN PEMATANGSIANTAR Ahmad Syawaluddin Email : ahmadsyawaluddin07@gmail.com This research was conducted with the aim of improving student learning outcomes by using lectora inspire and macromedia flash based learning media on electrolyte and non-electrolyte solution learning material; and to obtain a comparison of student learning outcomes of electrolyte and non- solution electrolyte learning material using lectora inspire based learning media with macromedia flash. The method used is quantitative experiments with the type of quasi experimental design. The results showed that: 1) Student learning outcomes in electrolyte and non-electrolyte solution learning material using lectora inspire based learning media increased with an average pre test value of 50.1 and post test average value of 86.4; 2) Student learning outcomes in electrolyte and non-electrolyte solution learning materials that use macromedia flash-based learning media increase with an average pre test value of 50.6 and an average post test value of 73.8; and 3) There is a significant difference between student learning outcomes in electrolyte and non-electrolyte solution learning material that uses lectora inspire based learning media with macromedia flash. Keywords: Learning Media, Lectora Inspire, Macromedia Flash, Student Learning Outcomes
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/234
Appears in Collections:Pendidikan Kimia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ahmad Syawaluddin .pdf88.67 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.