Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2299
Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PENUMPANG BUS PT. CHANDRA MEDAN
Authors: MAULIDINA, FRIDA
Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Keputusan Pembelian
Service Quality, Price, And Buying Decision
Issue Date: 3-Oct-2023
Publisher: Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU220624;71190312116
Abstract: ABSTRAK Frida Maulidina, Npm:71190312116, Judul : Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Penumpang Bus PT. Chandra Medan, Dibimbing Oleh : Dr. Safrida, SE,M.Si Sebagai Pembimbing I Dan Ilham Sonata.,S.E.,M.M Sebagai Pembimbing II, Skripsi 2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga berperngaruh terhadap keputusan pembelian tiket pada PT. Chandra Medan. Teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel adalah accidental sampling dengan total 50 responden. Sumber data menggunakan data primer yang berupa kuesioner/angket dan data sekunder yang diperoleh dari literatur, dokumen dan internet. Data diproses menggunakan SPSS versi 21. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linerar berganda dengan rumus 𝑌 = 𝑎 + 𝑏1 + 𝑋1 + 𝑏2𝑋2+∈ dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian tiket penumpang di bus PT. Chandra Medan menggunakan teknik perbandingan uji t dan uji F. Hasil uji validitas dan uji reabilitas kuesioner, setiap butir pertanyaan dinyatakan valid dan reliable dimana Apabila nilai Rhitung> Rtabel dengan nilai seluruh item berada di atas nilai 0,729 dan diperoleh persamaan regresi Y= 4,253+0,178X1+0,375X2, artinya setiap peningkatan sebesar satu satuan, maka akan menyebabkan peningkata kepuasan pelanggan sebesar 0,178 dan 0,375. Mengetaui diterima atau tidaknya hipotesis dalam penelitian ini, digunakan teknik uji thitung. Fhitung yang diperoleh nilai thitung kualitas pelayanan sebesar 2,331 dan nilai thitung harga sebesar 3,603 dan ttabel 2,012 dan diperoleh nilai Fhitung 15,988, sedangkan Ftabel 3,90 dan dan tingkat signifikasi (0,000<0,005) menunjukkan bahwa kualitas pelayan (X1) dan harga (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan harga atau variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan atau variabel terikat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tiket bus PT Chandra Medan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Keputusan PembelianABSTRACT Frida Maulidina, Npm:71190312116, Title: The Influence Of Service Quality And Price On The Purchase Decision Of Bus Passenger Tickets Pt. Chandra Medan, Supervised By: Dr. Safrida, S.E,M.Si as Advisor I and Ilham Sonata, S.E.,M.M as Advisor II, Thesis 2023. This study aimed to determine the effect of service quality and price on ticket purchasing decisions at PT. Chandra Medan. The technique used in sampling is accidental sampling with a total of 50 respondents. Sources of data using primary data in the form of questionnaires/questions and secondary data obtained from literature, documents, and the internet. Data is processed using SPSS version 21. The data analysis technique used is multiple linear regression with the formula 𝑌 = 𝑎 + 𝑏1 + 𝑋1 + 𝑏2𝑋2+∈ to find out how much influence service quality and price have on the decision to purchase passenger tickets on PT Chandra Medan uses a comparison technique of the t-test and F-test. The results of the validity test and the reliability test of the questionnaire, each question is declared valid and reliable where if the value of Rcount> Rtable with the value of all items is above the value of 0.729 and the regression equation Y = 4.253 + 0.178X1 + 0.375X2 means that each increase is one unit, it will cause an increase in customer satisfaction of 0.178 and 0.375. The tcount test technique is used to know whether this study's hypothesis is accepted. Fcount obtained tcount value of service quality of 2.331 and tcount price value of 3.603 and ttable 2.012 and received Fcount value of 15.988, while Ftable 3.90 and the level of significance (0.000<0.005) indicates that service quality (X1) and price (X2) collectively have a significant effect on purchasing decisions. Therefore it can be concluded that the quality of service and price or the independent variable has a significant effect on customer satisfaction or the dependent variable has a significant effect on the decision to purchase PT Chandra Medan bus tickets. Keywords: Service Quality, Price, And Buying Decision
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2299
Appears in Collections:Manajemen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography743.46 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract136.43 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II448.4 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V,VI.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V,VI814.95 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.