Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2297
Title: PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA PELAKU USAHA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KOMITMEN BERUSAHA (STUDI KASUS UMKM IWAPI)
Authors: HANDAYANI, FEBRINA TRY SUCI
Keywords: Sumber Daya Manusia, Inovasi Produk, Komitmen
Human Resources, Product Innovation, Commitment
Issue Date: 3-Oct-2023
Publisher: Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU220623;71190312062
Abstract: ABSTRAK Febrina Try Suci Handayani, NPM : 71190312062, Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Komitmen Berusaha (Studi Kasus UMKM IWAPI). Dibimbing oleh Ibu Yusrita.S.E,M.M sebagai pembimbing I dan Bapak Syafrizal,S.E,M.M sebagai pembimbing II, Skripsi, 2023. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana di latar belakangin peran usaha para wanita-wanita yang dinilai sangat penting karena mampu menyerap tenaga kerja dan menjadi penompang perekonomian bagi banyak orang. Namun ini tidak lepas dari masalah yang harus di hadapi di antaranya,pengaruh sumber daya manusia terhadap komitmen Berusaha, bagaimana pengaruh inovasi produk terhadap komitmen, bagaimana pengaruh sumber daya manusia dan inovasi produk terhadap komitmen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sumber daya manusia terhadap komitmen, untuk mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap komitmen, untuk mengetahui pengaruh sumber daya manusia dan inovasi produk terhadap komitmen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang pelaku usaha . Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen. Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen. Sumber daya manusia dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen. Kata kunci : Sumber Daya Manusia, Inovasi Produk, KomitmenABSTRACT Febrina Try Suci Handayani, NPM : 71190312062, The Influence of Human Resources on Business Commitment (Case Study of UMKM IWAPI). Supervised by Mrs. Yusrita.S.E,M.M as supervisor I and Mr. Syafrizal,S.E,M.M as supervisor II, Thesis, 2023. The formulation of the problem in this study is how, in the background, the business role of women is considered very important because it is able to absorb labor and become a pillar of the economy for many people. However, this cannot be separated from the problems that must be faced, including the influence of human resources on business commitment, how product innovation influences commitment, how human resources and product innovation affect commitment. The purpose of this study was to determine the effect of human resources on commitment, to determine the effect of product innovation on commitment, to determine the effect of human resources and product innovation on commitment. The data analysis technique in this study is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The sample in this research is 40 business people. The results of this study explain that human resources have a positive and significant effect on commitment. Product innovation has a positive and significant effect on commitment. Human resources and product innovation have a positive and significant effect on commitment. Keywords: Human Resources, Product Innovation, Commitment
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2297
Appears in Collections:Manajemen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography1.22 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract290.02 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II501.07 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V,VI.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V,VI1.11 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.