Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2260
Title: PENGARUH BELANJA ONLINE DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS ISLAM SUMATERA UTARA
Authors: PAHLAWAN, RAGIL
Keywords: Belanja Online, Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumtif
Online Shopping, Financial Literacy and Consumptive Behavior
Issue Date: 3-Oct-2023
Publisher: Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230891;71190311029
Abstract: ABSTRAK Ragil Pahlawan, Npm: 71190311029, Judul: Pengaruh Belanja Online dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islan Sumatera Utara, Dibimbing Oleh: Bapak M. Sahnan, SE.,M.M Selaku Dosen Pembimbing I Dan Bapak Azhar Apriandi, SE.,M.M Selaku Dosen Pembimbing II, Skripsi: 2023 Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh perkembangan era digitalisasi semakin cepat dan pesat menuntut perubahan dalam sektor perbelanjaan dan pengelolan keuangan yang semakin modern dan efisien. Perkembangan zaman memunculkan bentuk perbelanjaan baru melalui sistem online seiring dengan perilaku baru dikalangan masyarakat yaitu perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif masyarakat tentu dipengaruhi oleh kondisi internal dan eksternal. Tinggi rendahnya perilaku konsumtif masyarakat dapat dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah belanja online dan literasi keuangan. Salah satu yang menjadi perhatian perilaku konsumtif adalah generasi milenial. Penelitian ini mengkaji pengaruh belanja online dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Sumatera Utara. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuisioner yang disebar pada responden yaitu Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Sumatera Utara sebanyak 93 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik stratified rendom sampling. Data kuisioner dianalisis menggunakan SPSS 25.0 dengan melakukan beberapa tahap uji analisis data, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan F) dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian dengan uji parsial (t) ada pengaruh yang positif dan signifikan dalam belanja online (X1) terhadap perilaku konsumtif yang dibuktikan dengan nilai diperoleh t-hitung > t-tabel, yaitu 2,162 > 1,986, maka H0 ditolak dan H1 diterima, dan ada pengaruh yang positif dan signifikan dalam literasi keuangan (X2) terhadap perilaku konsumtif (Y) yang dibuktikan dengan nilai literasi keuangan (X2) diperoleh t-hitung > t-tabel, yaitu 2,475 > 1,986 dan nilai signifikansi yaitu 0,015 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan menggunakan uji simultan (F) diketahui nilai F-hitung 8,283 > F-tabel sebesar 1,986 dan Prob > = 0,00 < 0,05 sehingga bisa dikatakan secara simultan variabel X1 (belanja online) dan X2 (literasi keuangan) berpengaruh serta signifikan terhadap Y (perilaku konsmtif). Angka koefisien determinasi R2 menunjukkan sebesar 0,155 dengan besaran persentase sebesar 15,5%,. Kata Kunci: Belanja Online, Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumtif
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2260
Appears in Collections:Ekonomi Pembangunan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography717.65 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract267.34 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II301.18 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V,VI.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V,VI580.98 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.