Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2211
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Amalia, Sri Rizky | - |
dc.date.accessioned | 2023-09-25T02:14:06Z | - |
dc.date.available | 2023-09-25T02:14:06Z | - |
dc.date.issued | 2023-09-25 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2211 | - |
dc.description.abstract | PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM : STUDI PEMIKIRAN IBNU KHOLDUN Sri Rizky Amalia NPM : 71180211020 Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana metode pendidikan agama islam (2) Bagaimana pandangan pemikiran Ibnu Kholdun tentang pendidikan agama islam (3) Bagaimana pengembangan metodologi pembelajaran pendidikan agama islam menurut Ibnu Kholdun. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan sebuah pengembangan metodologi pada pembelajaran pendidikan agama islam menurut seorang tokoh yang terkenal pada jamannya yaitu Ibnu Kholdun , karena metode pada pembelajaran sangatlah penting agar tercapainya proses pembelajaran yang di inginkan, agar siswa mendapat hasil belajar dengan maksimal. Data-data penelitian ini dihimpun Library Research (penelitian kepustakaan) yaitu buku-buku yang berkaitan dengan Ibnu Kholdun sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode library reserach, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitattif, untuk analisis datanya menggunakan analisis pendekatan dekriptif kualitatif. Penelitian ini biasanya menggunakan pendekatan historis, filosofis, semiotik, filologis, dan sastra. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari buku-buku yang berkaitan dengan Ibnu Kholdun analisis metode library reaserch, dapat disimpulkan bahwa: (1) Metode pembelajaran pada pendidikan agama islam sangat mempengaruhi hasil belajar siswa, (2) Pandangan Ibnu kholdun pada pendidikan agama islam dalam kehidupan sehari-hari , (3) Pengembangan metode pembelajaran pada pendidikan agama islam menurut Ibnu Kholdun terhadap peserta didik dengan: Metode pentahapan (Tadarruj), Metode pengulangan (Tikrari), Metode kasih sayang (Al-Qurb Wa Al – Muyanah), Metode peninjauan kematangan usia dalam pengajaran Al-Qur’an, Metode Penyesuaian Fisik Dan Psikis Peserta Didik, Metode Penguasaan satu bidang, Metode Peningkatan Pengembangan Potensi Peserta Didik, Metode Widya-Wisata (Sirah), Metode Lapangan (Praktek), Metode Menghindari Peringkasan Buku. Kesimpulan hasil penilitian, bahwa beberapa buku yang berkaitan dengan pembahasan skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif dan data yang diperoleh dari hasil study pustaka dideskripsikan serta dianalisis apa adanya. Kata Kunci: Metodologi pembelajaran, Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU230550;71180211020 | - |
dc.subject | Metodologi pembelajaran, Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM : STUDI PEMIKIRAN IBNU KHOLDUN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover,Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 642.95 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 853.37 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 1.07 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.