Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2208
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNURHAMIDAH, SISKA-
dc.date.accessioned2023-09-22T03:11:26Z-
dc.date.available2023-09-22T03:11:26Z-
dc.date.issued2023-09-22-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2208-
dc.description.abstractABSTRAK PEMBINAAN AKHLAK ANAK MELALUI PENDIDIKAN KELUARGA PERSPEKTIF KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DENGAN UNDANG-UNDANG PENDIDIKAN INDONESIA SISKA NURHAMIDAH 71190211129 Penelitian ini menjelaskan betapa pentingnya pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal. Pembinaan akhlak anak melalui pendidikan keluarga sangat penting dalam menunjang akhlak anak untuk membentuk manusia bermoral baik, sopan dalam perkataan dan perbuatan, mulia dalam tingkah laku, berperangai, bersifat sederhana, sopan, ikhlas, jujur dan suci. Penelitian ini dilakukan di Leterature (librai Research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, metode ini merupakan metode yang memungkinkan untuk memecahkan masalah yang aktual dengan jalan mengumpulkan data, menyusun atau mengklarifikasi, menganalisis dan menginterpretasikan. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana konsep pendidikan keluarga menurut Ki Hadjar Dewantara, (2) Bagaimana pendidikan keluarga terhadap pembinaan akhlak anak, (3) Bagaimana relevansinya pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara dan undang-undang Pendidikan Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Untuk mengkaji dan membahas pendidikan anak usia dini, (2) Mendeskripsikan bagaimana pendidikan keluarga terhadap pembinaan akhlak anak, (3) Mendeskripsikan bagaimana relevansinya pendidikan anak menurut Ki Hajar Dewantara dan undang-undang pendidikan Indonesia Kata Kunci : Pembinaan Akhlak Anak Melalui Pendidikan Keluarga, Ki Hadjar Dewantara, Undang-Undang Pendidikan Indonesiaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU230547;71190211129-
dc.titlePEMBINAAN AKHLAK ANAK MELALUI PENDIDIKAN KELUARGA PERSPEKTIF KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DENGAN UNDANG-UNDANG PENDIDIKAN INDONESIAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography220.98 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract186.73 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II473.46 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V416.3 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.