Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2204
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SARI, RINDI NOVITA | - |
dc.date.accessioned | 2023-09-22T02:56:50Z | - |
dc.date.available | 2023-09-22T02:56:50Z | - |
dc.date.issued | 2023-09-22 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2204 | - |
dc.description.abstract | ABSTRAK PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT TERHADAP AKHLAK SISWA DI MTS AL ITTIHADIYAH KOTA MEDAN Oleh : Rindi Novita Sari Akhlak tidak akan terbentuk pada diri seseorang jika tidak memiliki akidah dan syariah yang baik. Banyak sekali kecenderungan merosotnya akhlak yang menyebabkan anak didik cenderung bersikap kasar dan tidak memiliki sopan santun. Hal tersebut disebabkan oleh dua faktor diantaranya faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal yang mempengaruhi akhak seseorang diantaranya, orang tua dan lingkungan masyarakat, sedangkan faktor eksternal diantaranya yaitu emosional peserta didik. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pegaruh kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa MTS Al Ittihadiyah Kota Medan Dalam penelitian ini penulis ingin melihat hubungan akhlak dengan emotional quotient. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh emotional quotient erhadap akhlak siswa(2) Untuk menjelaslan seberapa penting pengaruh emotional quotient untuk akhlak (3) Membuktikan adanya hubungan antara kecerdasan emosional dan akhlak siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam pelaksanaan penelitian ini metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif Kuantitatif . Adapun penelitian yang dilakukan adalah penelitian mennggunakan angket atau kuesioner,wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah: (1) editing yaitu meneliti semua angket atau kuesioner satu persatu tentang kelengkapan pengisian dan kejelasannya. (2) Tabulating, yaitu mentabulasikan data jawaban yang berhasil di kumpulkan kedalam tabel yang telah di sediakan, (3) Skoring, yaitu memberikan nilai pada setiap jawaban angket. (4) uji validitas. Untuk analisis data menggunakan rumus persamaan garis regresi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa sebesar 61,2%. Hal tersebut dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan uji regresi linier sederhana dengan koefisien determinasi (R) pada penelitian ini yang menunjukan besarnya R Square adalah 0,782, maka dapat diartikan bahwa 61,2% akhlak siswa dipengaruhi oleh kecerdasan emosional, sedangkan 38,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: emotional quotient, Akhlak Siswa | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU230543;71190211020 | - |
dc.subject | emotional quotient, Akhlak Siswa | en_US |
dc.title | PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT TERHADAP AKHLAK SISWA DI MTS AL ITTI HADIYAH KOTA MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover,Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 1.04 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 188.02 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 891.55 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 782.29 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.