Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2198
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSYAHIRA, NUR-
dc.date.accessioned2023-09-22T02:30:40Z-
dc.date.available2023-09-22T02:30:40Z-
dc.date.issued2023-09-22-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2198-
dc.description.abstractABSTRAK NUR SYAHIRA. NPM : 71190211063, Judul : Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Kelas X Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Di MAN Batubara, Dibimbing oleh: Dra. Hj.Tuti Alawiyah, MA sebagai Pembimbing I, dan Sumiati, SH., MH sebagai Pembimbing II, Skripsi : 2023 Skripsi ini mengangkat judul tentang Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Kelas X Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Di MAN Batubara sangat berperan untuk memiliki suatu strategi dalam mengubah kepribadian siswa dalam meningkatkan kedisiplinan.Dalam hal ini guru sangat sangat berperan penting dalam mengembangkan aspek kepribadian, perilaku,akhlak utamanya dalam kedisiplinan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Kelas X Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Di MAN Batubara. Penelitian ini bersifat kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru pendidikan agama islam.Objek penelitian ini adalah strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kedisiplinan belajar. Data penelitian diperoleh melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kedisiplinan belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Batubara sangat kurang optimal sehingga siswa tersebut kurang minat dalam mengikuti pembelajaran. Bentuk ketidakdisiplinan belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Batubara seperti ribut, tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan yang lainya. Disiplin dalam belajar ini sangat penting dikarenakan dapat membuat siswa berhasil dalam proses belajarnya dan dapat menciptakan kondisi belajar yang baik, 2) Faktor pendorong guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa berupa motivasi, penggunaan metode pengajaran yang variatif, pengaturan tata tertib,keterlibatan siswa dan konseling sedangkan faktor penghambatnya seperti masalah perilaku siswa yang terjadi saat dalam proses pembelajaran, maka dari itu guru dapat terhambat dalam menyampaikan pembelajaran di kelas, 3) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kedisiplinan belajar berupa menciptakan suasana belajar yang kondusif, memberikan contoh positif, melakukan evaluasi da sanksi, dan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan pembinaan mental. Kata Kunci : strategi, guru pendidikan agama islam, kedisiplinan belajar siswaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU230538;71190211063-
dc.subjectstrategi, guru pendidikan agama islam, kedisiplinan belajar siswaen_US
dc.subjectstrategy, Islamic religious education teachers, student learning disciplineen_US
dc.titleSTRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR KELAS X JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DIMAN BATUBARAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography577.12 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract163.66 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II887.59 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V628.71 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.