Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2195
Title: | STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs TAMAN PENDIDIKAN ISLAM, KECAMATAN MEDAN AMPLAS |
Authors: | ARVIANA, NERISHA PUTRI |
Keywords: | Strategi Guru, Kejenuhan, Pembelajaran |
Issue Date: | 22-Sep-2023 |
Publisher: | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU230535;71190211091 |
Abstract: | ABSTRAK STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs TAMAN PENDIDIKAN ISLAM, KECAMATAN MEDAN AMPLAS Oleh : Nerisha Putri Arviana Kendala yang menghambat tercapainya tujuan pembelajaran SKI slaah satunya adalah kejunuhan belajar siswa oleh karena itu dalam proses pembelajaran, guru dituntut harus memiliki strategi dalam melaksanakan tugas mengajarnya. Adapun pertanyaan penelitian yaitu 1. Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kejenuhan bellajar SKI pada siswa kelas VII di MTs Taman Pendidikan Islam Kecamatan Medan Amplas. Bagaimana hasil dari strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar SKI pada siswa kelas VII di MTs Taman Pendidikan Islam. Penelitin ini adalah jenis penelitian deksriptif dengan metode pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Siswa Kelas VII di MTs Taman Pendidikan Islam Kecamatan Medan Amplas serta mengetahui hasil dari strategi gruu tersebut. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan Teknik Purposive. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi,wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan oleh peneliti yaitu teori tentang Strategi menurut Nana Sudjana dalam bukunya DasarDasar Proses Belajar. Dimana dalam teori tersebut menjelaskan tentang konsep dasar dari strategi mengajar merupakan Tindakan nyata dari guru untuk melaksanakan pengajaran melalui cara tertentu yang dinilai lebih efektif dan efesien. Hasil Penelitian ini adlah : (a) Strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar SKI pada siswa guru menerapkan strategi pembelajaran Inquiri yangbiasanya dilakukan dengan tanya jwab antara guru dan siswa, serta strategi pembelajaran Afektif, yaitu guru membentuk kelompok diskusi. (b) Hasil dari strategi yang diterapkan guru sangat membantu siswa Ketika mereka mulai bosan atau jenuh dalam pembelajaran SKI , bisa dilihat Ketika siswa bersemangat dibuat kelompok diskusi. Kata Kunci : Strategi Guru, Kejenuhan, Pembelajaran |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2195 |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover,Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 2.17 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 72.19 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 274.65 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 261.64 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.