Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2187
Title: KEMAMPUAN BAHASA INDONESIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ISLAM PATANI DI PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN
Authors: SAMA-AE, MR. MUHAMMADSAMREE
Issue Date: 21-Sep-2023
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230529;71190211080
Abstract: 4 ABSTRAK NAMA : Mr.Muhammadsamree Sama-Ae NPM : 71190211080 JUDUL : Kemampuan Bahasa Indonesia dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Islam Patani di Perguruan Tinggi di Kota Medan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berbahasa Indonesia terhadap prestasi belajar mahasiswa Islam Patani (Selatan Thailand) di berbagai Perguruan Tinggi di kota Medan. Secara umum, penelitian ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa Islam Patani yang berada di kota medan dengan jumlah mahasiswa seluruhnya 63 orang. Untuk menentukan besarnya jumlah sampel, peneliti mengambil seluruh populasi yang ada menjadi sampel dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dalam pengolahan dan analisis data dilakukan melalui teknik analisis korelasional, artinya mencari pengaruh antara variabel X (Kemampuan Bahasa Indonesia Terhadap Mahasiswa Islam Patani di Perguruan Tinggi di kota Medan) dengan variabel Y (Prestasi Belajar Mahasiswa Islam Patani di Perguruan Tinggi di kota Medan). Rumus yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Sedangkan untuk mengetahui berapa presen besarnya pengaruh kemampuan bahasa Indonesia dan penaruhnya terhadap prestasi belajar mahasiswa Islam Patani di Perguruan Tinggi di kota Medan dapat digunakan rumus Indeks Determinasi yaitu : D = r2 x 100 % Berdasarkan analisis data di atas maka dalam penelitian ini diperoleh hasil penelitian dengan nilai rata-rata dari kemampuan bahasa Indonesia dan pengaruhnya terhadap prestasi mahasiswa Islam Patani di perguruan tinggi di kota medan adalah 5.61. banyak yang memperoleh nilai 5 yaitu sebanyak 17 orang (26.98 %) yang terletak pada interval 25–28, dan di kategorikan hampir cukup. Nilai rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif 63 orang mahasiswa Islam Patani adalah 2.90. Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa Islam Patani, paling besar terletak pada interval 2,79 – 3,50, yaitu sebanyak 45 orang (71.43 %). Dengan demikian, maka dapat dikategorikan predikat sangat memuaskan. Pengaruh kemampuan bahasa Indonesia dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar mahasiswa Islam Patani di Perguruan Tinggi di kota Medan adalah 0.83 yang dikategorikan sangat tinggi, sedangkan indeks determinasinya adalah sebesar 36.27 %. Berdasarkan pengujian hipotesis perhitungan diperoleh r korelasi antara kemampuan bahasa Indonesia dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar mahasiswa Islam Patani di Perguruan Tinggi di kota Medan adalah 0.83 jika dilihat dari tabel product moment bahwa N = 63 harga r tabel pada taraf i5 signifikansi 5 % = 0.244 dan taraf 1 % = 0.317 Jadi dapat diketahui bahwa r observasi yang diperoleh lebih besar dari r tabel. Berarti hipotesis yang diujikan terdapat pengaruh kemampuan bahasa Indonesia dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar mahasiswa Islam Patani di Perguruan Tinggi di kota Medan diterima. Besarnya pengaruh kemampuan bahasa Indonesia dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar mahasiswa Islam Patani di Perguruan Tinggi di kota Medan adalah sebesar 36.27 %, sedangkan sisanya yaitu 64.73 % ditentukan oleh variabel lain yang perlu diteliti lebih lanjut (tidak diteliti dalam penelitian ini).
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2187
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography696.33 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract300.98 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II803.3 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V624.56 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.