Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2172
Title: INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM KE DALAM KURIKULUM : PERSPEKTIF MOHAMMAD NATSIR
Authors: SARI, GITA RAHMA
Issue Date: 21-Sep-2023
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230513;71180211065
Abstract: ABSTRAK INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM KEDALAM KURIKULUM: PERSPEKTIF MOHAMMAD NATSIR T.A 2022/2023 GITA RAHMA SARI NPM: 71180211065 Mohammad Natsir merupakan tokoh yang mempelopori pembaharuan pendidikan Islam berdasarkan Al-Qur''an dan Al-Sunnah. Dengan berbasis AlQur''an dan Al-Sunnah. Oleh karena itu, pendidikan Islam harus bersifat integral, harmonis, dan universal, menumbuhkan kemampuan manusia (fitrah) supaya menjadi manusia yang bebas, mandiri sehingga mampu melaksanakan fungsinya sebagai khalifah atau pemimpin di muka bumi. Ide atau gagasan Mohammad Natsir ditarik dari tiga sisi, yaitu : Konsep Pendidikan Islam, Dasar Pendidikan Islam, Tujuan Pendidikan Islam, Kurikulum Pendidikan Islam, Metode Pendidikan Islam, Konsep Guru. Jenis penelitian ini adalah Metode yang digunakan dalam pendekatan penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian kualitatif tersebut berusaha memberikan data secara sistematis dan fakta-fakta aktual. Tujuan Pendidikan Islam yang ingin dicapai oleh Mohammad Natsir adalah membentuk manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, maju dan mandiri sehingga memiliki ketahanan rohaniah yang tinggi serta mampu beradaptasi dengan dinamika perkembangan masyarakat. Tujuan pendidikan Islam menurut pandangan Mohammad Natsir seharusnya kurikulum pendidikan dapat disusun dan dikembangkan secara integral dengan mempertimbangkan kebutuhan umum dan kebutuhan khusus sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh peserta didik, sehingga akan tertanam sikap mandiri bagi setiap peserta didik dalam menyikapi realitas kehidupannya. Beliau sangat tegas menolak teori dikotomi ilmu yang dipisahkan antara ilmu agama dan ilmu umum. Oleh karena itu, beliau menampik penyempurnaan pendidikan, antara pendidikan agama dan pendidikan umum. Pengetahuan dan teknologi merupakan alat, bukan tujuan. Baik yang berhubungan dengan perintah Allah SWT secara langsung maupun berselisih dengan interaksionalnya dengan makhluk Tuhan yang lainnya. Harmonis adalah sistem pendidikan yang menyelaraskan seluruh potensi anak didik
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2172
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography925.93 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract170.97 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II940.13 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V684.67 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.