Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2171
Title: STRATEGI PEMBELAJARAN METODE IQRO MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ALQURAN PADA PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI KELAS VIII KAB. BATU BARA
Authors: YANTI, FITRI
Issue Date: 21-Sep-2023
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230514;71190211062
Abstract: ABSTRAK STRATEGI PEMBELAJARAN METODE IQRO MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ALQURAN PADA PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI KELAS VIII KAB. BATU BARA FITRI YANTI NPM: 71190211062 Strategi Pembelajaran Metode Iqro Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Alquran Pada Peserta Didik di MTS. Negeri Kelas VIII Kab Batu Bara. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Latar belakang masalah dalam penelitian ini sehubungan dengan perkembangan hari ini, di era globalisasi banyak sekali pergeseran nilai dalam kehidupan masyarakat yaitu para generasi muda masih banyak yang kesulitan dan belum mampu untuk membaca Alquran secara baik dan benar. Padahal orang tua hendaknya berusaha mendidik anak sedini mungkin dalam membiasakan anak membaca Alquran yang berawal dari Iqro. Hal ini sebagaimana dilakukan oleh guru-guru Baca Tulis Alquran di MTS.Negeri Batu Bara, mereka mempunyai anak-anak yang memiliki kemampuan baca Alquran.adalah sehubungan dengan kemampuan baca tulis Alquran , Guru yang yang berprofesi di MTS. Negeri Batu Bara mempunya anak-anak yang memiliki kemampuan baca Alquran , hal ini berhubungan dengan metode iqro dalam meningkatkan kemampuan mengajar anaknya membaca Alquran.Rumusan masalah dalam penelitian adalah :1) Bagaimana Strategi Pembelajaran Metode Iqro Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Pada Peserta Didik di MTS. Negeri Batu Bara? 2) Bagaimana Metode Iqro dalam meningkatkan kemampuan membaca alquran pada peserta didik di MTS. Negeri Batu Bara? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat Strategi Pembelajaran Metode Iqro meningkatkan kemampuan membaca alquran pada pesertadididk di MTS. Negeri Batu Bara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Informan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni dengan reduksi data, deskripsi data, penarikan kesimpulan dan editing data. Dan teknik keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Metode baca tulis Alquran di MTS. Negeri Batu Bara yaitu: metode Bahdadiyah, metode Tartil, metode Sorogan, dan metode Jibril. 2) penerapan metode Baca alquran cepat a)bagdadiyah: mengejakan cara membaca alquran b) tartil: membaca alquran dengan pelan dan perlahan c) sorogan : membaca secara individual (nyorog) d) jibril mencontohkan potongan ayat. 3)Faktor pendukung. strategi pembelajaran metode iqro baca tulis alquran di MTS. Negeri Batu Bara. terhadap ilmu pedagogik, penggunaan media atau alat bantu baca Alquran. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya kontinuitas pengajaran yang dilakukan olehguru kepada siswa dan kurangnya minat belajar siswa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal.Penelitian dalam skripsi dilatar blakangi dengan sejauh mana pendidikan agama terhadap pengawasan baca tulis alquran pada siswa di Mts Negeri batu bara yang nantinya dapat mempengaruhi serta meningkatkan prestasi akademik para siswa.karena salah satu pengawasan dalam pelaksanaan pendidikan agama islam adalah memberikan praktek baca tulis alquran.dalam hal ini,dimaksudkan untuk merangsang siswa dalam memahami pengetahuan dasar agama untuk membentuk aspek meningkatkan kemampuan baca tulis alquran pada peserta didik di Mts Negeri Batu bara.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran meningkatkan kemampuan baca tulis alquran pada peserta didik di MTs. Negeri Batu Bara. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswanya berjumlah 230 siswa. Dari populasi ditetapkan sampel sebanyak 20% dari populasi 80 siswa menggunakan teknik random sampling.Data penelitian dikumpulkan melalui angket dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasional dengan menggunakan rumus r Korelasi Product Moment.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa: Strategi pembelajaran baca tulis alquran di MTs. Negeri Batu Bara Manis tergolong ke dalam kategori B (baik) dengan nilai rata-rata 72,7. Peran Pendidikan Agama Terhadap pengawasan baca tulis alquran manis didasarkan atas hasil pengujian korelasi adalah signifikan pada taraf kepercayaan 5% diperoleh rhitung > rtabel (0,479> 0,291) dikategorikan hubungan agak rendah. Hal ini berarti meningkatkan baca tulis alquran di MTs. Negeri Batu Bara sebesar 30% dan menunjukan bahwa hanya 70% pengawasan baca tulis alquran pada peserta didik.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2171
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography599.16 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract127.18 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II771.15 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V764.97 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.