Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2168
Title: NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN
Authors: ALDI, FIKRI
Issue Date: 21-Sep-2023
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230511;71170211028
Abstract: ABSTRAK NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN FIKRI ALDI NPM. 71170211028 Program Studi Pendidikan Agama Islam Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut surat Al-An’am ayat 151-153, konsep implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak Surah Al-An’am Ayat 151-153 dalam pembelajaran PAI, implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak Surah Al-An’am Ayat 151-153 terhadap pendidikan, dan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam Surah Al-An’am Ayat 151-153? Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif melalui library research (kajian studi kepustakaan), dengan cara mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahannya, yang diambil dari sumber-sumber kepustakaan, kemudian dianalisis dengan metode taḫlili, yaitu metode penafsiran ayat-ayat al-Qur’an yang dilakukan dengan cara memaparkan segala aspek yang terkandung dalam ayat-ayat al-Qur’an yang ditafsirkan dan mendeskripsikan uraian-uraian makna yang terkandung di dalamnya. Untuk mendukung penelitian ini, penulis menggunakan sumber utama kitab tafsir, diantaranya Tafsir Jami’ al-Bayan an Ta’wil Ayi al-Qur’an (Tafsir ath-Thabari) karya Abu Ja’far Muhammad bin Jarir Ath-Thabari, Tafsir al-Azhar karya Abdul Malik Abdulkarim Amrullah (Hamka), dan Tafsir al-Misbah karya M. Quraish Shihab. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis memperoleh bahwa Konsep pendidikan akhlak menurut surat Al-An’am ayat 151-153 menjelaskan bagaimana cara berakhlak kepada Allah dengan cara menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Akhlak kepada kedua orang tua dengan cara berbakti kepada mereka, mencintai kedua orang tua dan bagaimana semestinya akhlak anak kepada kedua orang tua yang telah diajarkan Al-Qur‟an dan As-Sunnah. Konsep implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak Surah Al-An’am Ayat 151-153 dalam pembelajaran PAI dapat diimplementasikan melalui pembelajaran di kelas. Dimana guru sebagai model dari akhlak yang diajarkan dan pembentukan lingkungan sekolah yang berakhlāqul karîmah. Adapun konsep penerapan nilainilai pendidikan akhlak tersebut di atas dapat melalui metode-metode yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran, diantaranya adalah penanaman akhlak melalui mau’izhah (nasihat), penanaman akhlak melalui metode uswatun ḫasanah (keteladanan), penanaman akhlak melalui metode ta’wîd (pembiasaan), dan penanaman akhlak melalui tarġîb dan tarhîb.Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak Surah Al-An’am Ayat 151-153 terhadap pendidikan adalah berkaitan dengan pendidikan akhlak yaitu untuk membentuk manusia yang bermoral baik, sopan dalam perkataan dan perbuatan, mulia dalam tingkah lakudan perangai, bersifat bijaksana, sopan, beradab, jujur dan ikhlas. Implementasi terhadap guru sebagai seorang pendidik, perlunya pengembangan pengetahuan, kecakapan dan keterampilan dalam memilih metode pendidikan yang akan digunakan dalam mengajar di kelas. Sehingga guru dapat menciptakan proses pembelajaran yang tepat sasaran dalam mentransfer nilai-nilai akhlak kepada peserta didik. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam Surah AlAn’am Ayat 151-153 dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu nilai Ilahiyyah dan nilai insaniyah. Nilai Ilahiyyah meliputi: beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan Yang Maha Esa (tauhid), nilai insaniyyah meliputi: birrul wālidain, perlindungan terhadap anak keturunan, menjaga kehormatan diri, perlindungan terhadap jiwa, memelihara (menyayangi) anak yatim, jujur dan adil dalam perniagaan dan dalam kesaksian, menepati janji, serta taat dan patuh pada peraturan
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2168
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography250.67 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract141.26 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II347.55 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V429.31 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.