Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2160
Title: PENGARUH PENDIDIKAN TERHADAP STRATA SOSIAL MASYARAKAT DI ZAMAN KLASIK DALAM PANDANGAN IMAM AL-GHAZALI
Authors: ARITONANG, DIKOT
Keywords: Pendidikan Strata Sosial, Zaman Klasik dan Imam Al-Ghazali
Issue Date: 14-Sep-2023
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230504;71190211133
Abstract: ABSTRAK Nama : Dikot Aritonang, NPM : 71190211133, PENGARUH PENDIDIKAN TERHADAP STRATA SOSIAL MASYARAKAT DI ZAMAN KLASIK DALAM PANDANGAN IMAM AL-GHAZALI Al-Ghazali merupakan salah satu tokoh Muslim yang pemikirannya sangat luas dan mendalam dalam berbagai hal diantaranya dalam masalah pendidikan. Pada hakikatnya usaha pendidikan menurut Al-Ghazali adalah dengan mengutamakan beberapa hal terkait yang diwujudkan secara utuh dan terpadu karena konsep pendidikan yang dikembangkannya berawal dari kandungan ajaran dan tradisi Islam yang menjunjung berprinsip pendidikan manusia seutuhnya. Namun penulis akan mengkaji lebih mendalam bagaimana pengaruh pendidikan terhadap strata sosial manusia pada zaman klasik bila ditinjau dari pemikiran Imam Al-Ghazali, inilah yang menjadi dasar pemikiran bagi penulis untuk melakukan penelitian lebih mendalam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pandangan Imam Al-Ghazali Terhadap Konsep Pendidikan. Bagaimanakah pengaruh pendidikan terhadap strata sosial masyarakat di zaman klasik dalam pandangan Imam AlGhazali. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dalam bentuk penelitian literatur. Hasil penelitian ini adalah Pemikiran pendidikan Al-Ghazali dilihat dari beberapa hal, yaitu: Pertama, bangunan pemikiran pendidikan al-Ghazali bersifat religius-etis dan menempatkan ilmu pengetahuan pada posisi yang sangat terhormat. Pendidikan merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT yang dapat menghantarkan manusia untuk menggapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Kedua, tujuan pendidikan al-Ghazali mencakup tiga aspek, yaitu aspek kognitif, yang meliputi pembinaan nalar, seperti kecerdasan, kepandaian, dan daya pikir; aspek apektif, yaitu meliputi pembinaan hati, seperti pegembangan rasa, kalbu, dan rohnai; dan aspek psikomotorik, yaitu pembinaan jasmani, seperti kesehatan badan dan keterampilan.Di samping itu menempatkan dua hal penting sebagai orientasi pendidikanyaitumencapai kesempurnaan manusia untuk secara kualitatif mendekatkan diri kepada Allah SWT; danmencapai kesempurnaan manusia untuk meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. al-Ghazali yang perlu dikaji ulang sekarang adalah paradigma al-Ghazali tentang korelasi antara pendidik dengan masalah ekonomi (strata social). Al-Ghazali berpendapat bahwa pendidik adalah sosok manusia yang secara total berkonsentrasi kepada bidang pendidikan. Ia tidak boleh melakukan aktivitas lainnya. Namun di sisi lain, ia boleh menerima imbalan materi yang proporsional untuk memenuhi kebutuhan hidupnya Kata Kunci : Pendidikan Strata Sosial, Zaman Klasik dan Imam Al-Ghazali
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2160
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography451.22 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract160.64 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II567.29 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V592.05 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.