Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2143
Title: IMPLEMENTASI METODE MENGHAFAL AL-QURAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QURAN SISWA/I KELAS IX DI MTS MUALLIMIN UNIVA MEDAN
Authors: Asmara, Dwi Cahya
Keywords: Metode menghafal, Al Qur'an, Hafalan, Mts Muallimin Univa
Issue Date: 14-Sep-2023
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230489;71180213007
Abstract: ABSTRAK IMPLEMENTASI METODE MENGHAFAL AL-QURAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QURAN SISWA/I KELAS IX DI MTS MUALLIMIN UNIVA MEDAN Dwi Cahya Asmara NPM : 71180213007 Setiap santri atau murid yang menghafalkan Al-Qur’an wajib menyetorkan hafalannya kepada seorang guru, ataupun ustadz/ustadzah. Program Tahfidz merupakan salah satu dari pada program ke religiusan di MTs. Muallimin Univa Medan. program tahfidz ini juga memiliki beberapa hambatan yang berdampak pada peserta didik, yaitu kurangnya bimbingan orang tua dan perhatian orang tua terhadap anak. Berdasarkan observasi awal itulah, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pelaksanaan menghafal Al-Qur’an. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan implementasi metode menghafal Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa/i MTs. Muallimin Univa Medan, 2. Untuk mendeskripsikan upaya apa yang dilakukan guna meningkatkan kualitas hafalan siswa/i MTs Muallimin Univa Medan, dan 3.Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor pengahambat metode menghafal Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa/i MTs Muallimin Univa Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conculation). Setelah terkumpul maka peneliti akan mengolah data dengan mengedit, mengorganisasi dan menemukan hasil. Implementasi Metode Menghafal Al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan AlQur’an di MTs Muallimin Univa Medan ialah bahwa 90% murid kelas IX. Pendukung dan Penghambat dalam Implementasi Metode Menghafal Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa/i Kelas IX di MTs Muallimin Univa Medan yaitu aktor pendukungnya ialah: (1) Motivasi dari para guru dan orang tua tentunya, (2) Semangat dari diri sendiri, (3) Jadwal yang telah disusun secra sistematis. Sedangkan faktor penghambatnya ialah: (1) Kurangnya konsentrasi siswa, (2) Malas dalam menghafal, (3) Kurangnya kesungguhan dalam menghafal. Kata Kunci: Metode menghafal, Al Qur'an, Hafalan, Mts Muallimin Univa
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2143
Appears in Collections:Ilmu Al-Quran & Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography2.08 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract253.76 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II720.57 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V748.15 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.